PPT Gejala Biotik dan Abiotik Materi IPA SMP MTs K13

PPT Gejala Biotik dan Abiotik Materi IPA SMP MTs K13

Dvcodes.com – Gejala Alam Biotik dan Abiotik merupakan salah satu materi IPA SMP/MTs Kurikulum 2013. Materi Gejala Alam Biotik dan Abiotik diajarkan pada peserta didik kelas 7 SMP/MTs.

Lingkungan biotik adalah lingkungan yang di dalamnya meliputi seluruh organisme hidup dalam suatu ekosistem.

Komponen biotik merupakan bagian dari ekosistem yang terdiri atas semua organisme. Komponen biotik terdiri dari tumbuh-tumbuhan, hewan, dan berbagai jasad renik (mikroorganisme).

Lingkungan abiotik adalah lingkungan yang di dalamnya tidak memiliki ciri hidup. Lingkungan abiotik meliputi seluruh aspek tidak hidup dalam suatu ekosistem.

Komponen abiotik merupakan bagian dari ekosistem yang terdiri atas benda tak hidup yang berada di sekitar organisme. Komponen abiotik, antara lain cahaya, matahari, udara, air, dan suhu.

Gejala biotik adalah peristiwa yang terjadi akibat proses kehidupan makhluk hidup. Contoh: manusia bernapas menghirup oksigen dan tumbuhan melakukan fotosintesis.

Gejala abiotik merupakan peristiwa yang terjadi bukan akibat proses kehidupan makhluk hidup. Contoh: terjadinya pelangi, banjir, tanah longsor, dan gempa bumi.

Gejala abiotik dapat menyebabkan timbulnya gejala abiotik baru, dan sebaliknya gejala alam biotik yang menyebabkan timbulnya gejala biotik

Contohnya gejala alam panas matahari menyebabkan air menguap, uap air di udara berkumpul membentuk awan, ketika awan telah jenuh, akan turun menjadi hujan.

Gejala abiotik yang memengaruhi gejala biotik contohnya fotosintesis pada tumbuhan. Fotosintersis merupakan gejala biotik yang dipengaruhi oleh gejala alam abiotik seperti intensitas sinar matahari dan suhu.

Gejala abiotik pelapukan batuan yang ditumbuhi lumut disebabkan oleh gejala biotik pertumbuhan lumut tersebut.

PPT Gejala Biotik dan Abiotik Materi IPA SMP MTs Kurikulum 2013

Di dalam membantu belajar peserta didik, berikut dibagikan PPT Gejala Biotik dan Abiotik. Power Point ini berisi ringkasan materi tentang Gejala Biotik dan Abiotik untuk jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013.

PPT ini juga dapat dimanfaatkan oleh Bapak/Ibu Guru pengampu mata pelajaran IPA SMP/MTs sebagai bahan presentasi dalam pembelajaran.

Bapak/Ibu Guru dapat mengembangkan sendiri PPT Gejala Biotik dan Abiotik ini sesuai dengan kebutuhan.

PPT Gejala Biotik dan Abiotik secara lengkap dapat di unduh pada link berikut.

PPT Gejala Biotik dan Abiotik (Unduh)

Demikian yang dapat admin bagikan mengenai PPT Gejala Biotik dan Abiotik materi IPA SMP/MTs Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan