PPT Sistem Reproduksi Hewan Materi IPA SMP Kurikulum 2013

PPT Sistem Reproduksi Hewan Materi IPA SMP Kurikulum 2013

Dvcodes.com. Sistem Reproduksi Hewan merupakan salah satu materi IPA SMP/MTs Kurikulum 2013. Materi Sistem Reproduksi Hewan diajarkan pada peserta didik kelas 9 SMP/MTs.

Uraian Materi Sistem Reproduksi Hewan

Sebagian besar hewan bereproduksi secara generatif (seksual). Reproduksi seksual terjadi melalui proses perkawinan antara hewan jantan dan hewan betina.

Melalui proses ini akan terjadi proses fertilisasi, yaitu proses peleburan inti sel sperma dan inti sel telur. Proses fertilisasi ini akan menghasilkan zigot.

Selanjutnya, zigot akan berkembang menjadi embrio (calon anak) dan pada tahap selanjutnya embrio akan berkembang menjadi individu baru.

Proses fertilisasi dapat terjadi melalui dua cara, yaitu fertilisasi internal dan fertilisasi eksternal? Fertilisasi internal terjadi apabila proses peleburan antara inti sel telur dan inti sel sperma terjadi di dalam tubuh hewan betina.

Contoh hewan yang melakukan fertilisasi secara internal antara lain sapi, ayam, kura-kura, dan buaya.

Fertilisasi eksternal terjadi apabila proses peleburan antara sel telur dan sel sperma terjadi di luar tubuh hewan betina.

Fertilisasi dengan cara ini biasanya terjadi pada hewan yang hidupnya di lingkungan perairan, misalnya ikan.

Perkembangbiakan generatif pada hewan dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu Ovipar (bertelur), Vivipar (melahirkan), dan Ovovivipar (bertelur dan melahirkan). Masing-masing perkembangbiakan tersebut memiliki ciri yang membedakan satu dengan lainnya.

Perkembangbiakan vegetatif pada hewan merupakan perkembangbiakan untuk menghasilkan individu baru yang tidak disertai dengan proses pembuahan (peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina). Perkembangbiakan vegetatif banyak dilakukan oleh hewan tingkat rendah.

Perkembangbiakan vegetatif pada hewan dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu pertunasan, fragmentasi, dan membelah diri.

Reproduksi aseksual dengan cara membentuk tunas untuk menghasilkan keturunan. Contoh hewan yang melakukan reproduksi dengan cara ini antara lain Hydra sp., Porifera, dan Coelenterata.

Fragmentasi adalah pematahan atau pemotongan tubuh induk menjadi dua bagian atau lebih. Contoh hewan yang melakukan fragmentasi adalah cacing planaria.

Sedangkan membelah diri menjadi ciri khas dari perkembangbiakan vegetatif pada amoeba. Amoeba berkembangbiak dengan pembelahan biner.

Pembelahannya dimulai dari membelahnya inti sel menjadi dua (kartokinesis), selanjutnya diikuti pembelahan sitoplasma (sitokinesis).

PPT Sistem Reproduksi Hewan Materi IPA SMP MTs Kurikulum 2013

Di dalam membantu belajar peserta didik, berikut dibagikan PPT Sistem Reproduksi Hewan. PPT Sistem Reproduksi Hewan ini berisi ringkasan materi tentang Sistem Reproduksi Hewan untuk jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013.

PPT Sistem Reproduksi Hewan ini juga dapat dimanfaatkan oleh Bapak/Ibu Guru pengampu mata pelajaran IPA SMP/MTs sebagai bahan presentasi dalam pembelajaran.

Bapak/Ibu Guru dapat mengembangkan sendiri PPT Sistem Reproduksi Hewan ini sesuai dengan kebutuhan.

PPT Sistem Reproduksi Hewan materi IPA SMP MTs K13 secara lengkap dapat di unduh pada link berikut.

PPT Sistem Reproduksi Hewan (Unduh)

Demikian yang dapat admin bagikan mengenai PPT Sistem Reproduksi Hewan materi IPA SMP MTs Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan