PPT Sistem Reproduksi Tumbuhan Materi IPA SMP Kurikulum 2013

PPT Sistem Reproduksi Tumbuhan Materi IPA SMP Kurikulum 2013

Dvcodes.com. Sistem Reproduksi Tumbuhan merupakan salah satu materi IPA SMP/MTs Kurikulum 2013. Materi Sistem Reproduksi Tumbuhan diajarkan pada peserta didik kelas 9 SMP/MTs.

Uraian Materi Sistem Reproduksi Tumbuhan

Sistem reproduksi tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu perkembangbiakan secara generatif dan perkembangbiakan secara vegetatif.

Perkembangbiakan generatif tumbuhan adalah perkembangbiakan secara seksual (kawin) yang dilakukan oleh tumbuhan berbiji.

Proses perkembangbiakan generatif tumbuhan diawali dari penyerbukan, kemudian pembuahan atau fertilisasi.

Perkembangbiakan tumbuhan biji melibatkan alat kelamin jantan dan alat kelamin betina dalam bentuk penyerbukan.

Penyerbukan merupakan peristiwa jatuhnya serbuka sari pada kepala putik dan pembuahan merupakan proses peleburan gamet betina dan gamet jantan. Proses reproduksi tumbuhan berbiji ditandai dengan munculnya bunga.

Perkembangbiakan vegetatif merupakan perkembangbiakan yang memanfaatkan bagian tubuh tumbuhan tanpa melewati proses perkawinan.

Tumbuhan baru yang terbentuk berasal dari perkembangan bagian tertentu dari tubuh tumbuhan induk.

Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dibedakan menjadi dua, yaitu perkembangbiakan vegetatif alami dan perkembangbiakan vegetatif buatan.

Perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan adalah perkembangbiakan secara tidak kawin (aseksual) pada tumbuhan yang dilakukan melalui campur tangan manusia.

Tujuan perkembangbiakan vegetatif buatan ini adalah untuk mendapatkan tumbuhan yang memiliki mutu tinggi, antara lain dari buahnya yang banyak, akarnya yang kuat, dan ketahanan terhadap penyakit.

Contoh perkembangbiakan vegetatif buatan adalah mencangkok, stek, merunduk, menyambung, dan okulasi.

Sedangkan perkembangbiakan vegetatif alami merupakan perkembangbiakan yang terjadi pada tumbuhan tanpa melibatkan bantuan manusia.

Ada beberapa jenis perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan, misalnya umbi batang, umbi akar, umbi lapis, tunas, dan stolon.

PPT Sistem Reproduksi Tumbuhan Materi IPA SMP MTs Kurikulum 2013

Di dalam membantu belajar peserta didik, berikut dibagikan PPT Sistem Reproduksi Tumbuhan. PPT Sistem Reproduksi Tumbuhan ini berisi ringkasan materi tentang Sistem Reproduksi Tumbuhan untuk jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013.

PPT Sistem Reproduksi Tumbuhan ini juga dapat dimanfaatkan oleh Bapak/Ibu Guru pengampu mata pelajaran IPA SMP/MTs sebagai bahan presentasi dalam pembelajaran.

Bapak/Ibu Guru dapat mengembangkan sendiri PPT Sistem Reproduksi Tumbuhan ini sesuai dengan kebutuhan.

PPT Sistem Reproduksi Tumbuhan materi IPA SMP/MTs K13 secara lengkap dapat di unduh pada link berikut.

PPT Sistem Reproduksi Tumbuhan (Unduh)

Demikian yang dapat admin bagikan mengenai PPT Sistem Reproduksi Tumbuhan materi IPA SMP MTs Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan