PPT Sistem Saraf Manusia Materi IPA SMP MTs Kurikulum 2013

PPT Sistem Saraf Manusia Materi IPA SMP MTs Kurikulum 2013

Dvcodes.com. Sistem Saraf Manusia merupakan salah satu materi IPA SMP/MTs Kurikulum 2013. Materi Sistem Saraf Manusia diajarkan pada peserta didik kelas 9 SMP/MTs.

Sistem saraf manusia berperan penting dalam pengendalian dan pengaturan seluruh aktivitas tubuh, baik yang disadari maupun yang tidak disadari atau refleks. Sistem saraf pada manusia juga berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan dunia luar.

Susunan Sistem Saraf Pusat Manusia

Sistem saraf manusia dibagi menjadi sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi (perifer). Peran sarat pusat dalam sistem saraf manusia sangat vital, karena akan menentukan cepat atau lambatnya respon tubuh terhadap perubahan di sekitarnya.

Sistem saraf pusat manusia terdiri atas otak dan sumsum tulang belakang. Semua bentuk rangsangan (impuls) yang diterima oleh alat indra, akan di bawa ke sistem saraf pusat dan diproses oleh sistem saraf pusat untuk diberikan tanggapan.

1.   Otak

Otak terletak di dalam rongga kepala. Secara fisik, bagian luar otak berwarna abu-abu, sedangkan bagian dalamnya berwarna putih.

Otak manusia dilindungi oleh selaput pembungkus yang disebut meninges. Selaput ini terdiri atas 3 lapisan, yaitu durameter (selaput keras), arachnoid (selaput jaring-jaring), dan piameter (selaput halus).

Bagian-bagian Otak

Otak terbagi menjadi bagian utama, yaitu otak besar (serebrum), otak kecil (serebelum), dan sumsum lanjutan (medula oblongata).

a. Otak besar (serebrum)

Otak besar adalah bagian otak paling besar dari seluruh bagian otak manusia. Hampir dua per tiga dari berat total otak disumbangkan oleh otak besar atau serebrum.

Otak besar terbagi menjadi dua belahan, yaitu belahan kanan (hemisfer kanan) dan belahan kiri (hemisfer kiri).

Struktur hemisfer akan mengatur kinerja anggota tubuh secara berlawanan. Hemisfer kanan akan mengatur fungsi dari tubuh sebelah kiri, dan sebaliknya, hemisfer kiri mengatur fungsi tubuh di sebelah

Otak besar berfungsi untuk mengatur seluruh, aktivitas tubuh yang disadari, misalnya kesadaran, kemauan, ingatan, dan pertimbangan.

b. Otak kecil (serebelum)

Otak kecil atau serebelum memiliki struktur yang hampir mirip dengan otak besar, yaitu memiliki dua belahan, kiri dan kanan, serta memiliki banyak lipatan-lipatan otak, terletak pada bagian bawah otak belakang, di bawah lobus oksipital.

Bagian otak ini berfungsi untuk pusat keseimbangan, mengatur kegiatan motorik, dan koordinasi otot.

Fungsi lain dari otak kecil, yaitu berperan dalam pengolahan informasi (kognitif) dan emosi. Otak kecil memiliki tiga lobus, yaitu lobus anterior, lobus posterior, dan lobus flocculonodular.

c. Batang Otak (Brainstem)

Batang otak adalah bagian otak yang terletak di depan otak kecil dan di bawah otak besar. Pada saat melakukan gerakan sadar, batang otak merupakan jalur yang harus dilalui impuls untuk mencapai bagian otak besar.

Batang otak merupakan bagian yang mengubungkan otak dengan sumsum tulang belakang, berfungsi untuk mengontrol pernafasan, denyut jantung, dan reaksi insting.

Bagian otak ini akan merespons semua kejadian yang bersifat insidental dan berkaitan dengan naluri, seperti mencari makan, bertempat tinggal.

Berdasarkan penelitian, orang yang cenderung dominan menggunakan kemampuan batang otaknya, maka akan cenderung bersifat kasar dan liar.

Batang otak terbagi  menjadi tiga bagian sebagai berikut.

  • Otak tengah (Mesenchepalon) : bagian ini memiliki fungsi utama sebagai stasiun impuls penglihatan, pendengaran, gerakan mata, dan juga gerakan tubuh.
  • Sumsum lanjutan (Medulla Oblongata) : merupakan penghubung antara otak dan sumsum tulang belakang. Bagian ini memiliki fungsi otonom, seperti pernafasan, detak jantung, sirkulasi darah, pernafasan, dan pencernaan.
  • Pons : merupakan bagian batang otak yang terletak di bawah otak tengah dan di atas sumsum lanjutan. Fungsi utama pons adalah sebagai jalur perantara untuk mentransfer sinyal antara otak besar dengan otak kecil.

2. Sumsum Tulang Belakang (Medulla Spinalis)

Sumsum tulang belakang (medula spinalis) adalah saraf yang panjang, tipis, dan berbentuk seperti tabung yang merupakan bagian dari jaringan saraf yang memanjang dari sumsum lanjutan (medula oblongata) sampai di tulang belakang bagian pinggang.

Letak sumsum tulang belakang memanjang dari pangkal leher, hingga ke selangkangan. Apabila sumsum tulang belakang mengalami cidera, maka akan mempengaruhi sistem saraf di sekitarnya, dan bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan.

Sumsum tulang belakang terdiri dari 31 pasang saraf spinalis. Saraf spinalis terdiri dari 7 pasang dari segmen servikal, 12 pasang dari segmen thorakal, 5 pasang dari segmen lumbalis, 5 pasang dari segmen sacralis, dan 1 pasang dari segmen koxigeus.

Fungsi utama dari sumsum tulang belakang adalah untuk transmisi pemasukan rangsangan antara saraf tepi dan otak.Fungsi lain sumsum tulang belakang, yaitu mengontrol gerakan refleks (spontan).

PPT Sistem Saraf Manusia Materi IPA SMP MTs Kurikulum 2013

Di dalam membantu belajar peserta didik, berikut dibagikan PPT Sistem Saraf Manusia. PPT Sistem Saraf Manusia ini berisi ringkasan materi tentang Sistem Saraf Manusia untuk jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013.

PPT Sistem Saraf Manusia ini juga dapat dimanfaatkan oleh Bapak/Ibu Guru pengampu mata pelajaran IPA SMP/MTs sebagai bahan presentasi dalam pembelajaran.

Bapak/Ibu Guru dapat mengembangkan sendiri PPT Sistem Saraf Manusia ini sesuai dengan kebutuhan.

PPT Sistem Saraf Manusia materi IPA SMP MTs K13 secara lengkap dapat di unduh pada link berikut.

PPT Sistem Saraf Manusia (Unduh)

Demikian yang dapat admin bagikan mengenai PPT Sistem Saraf Manusia materi IPA SMP MTs Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan