PPT Sistem Tata Surya Materi IPA SMP MTs Kurikulum 2013

PPT Sistem Tata Surya Materi IPA SMP MTs Kurikulum 2013

Dvcodes.com. Sistem tata surya adalah salah satu materi IPA Kurikulum 2013 yang diajarkan pada kelas 9 SMP/MTs.

Sistem tata surya merupakan susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet, meteorid, komet, serta asteroid yang mengelilinginya.

Di dalam sistem tata surya, masing-masing benda langit akan melakukan revolusi dan rotasi. Peredaran benda langit mengelilingi matahari disebut revolusi. Sedangkan perputaran benda-benda langit pada porosnya disebut rotasi.

Garis edar planet-planet dalam mengelilingi matahari pada sistem Tata Surya disebut orbit. Orbit berbentuk bidang elips.

1.  Planet

Planet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dan tidak memancarkan cahaya. Jarak terdekat sebuah planet dengan Matahari disebut perihelium, sedangkan jarak terjauh planet dengan matahari disebut aphelium.

Planet-planet dapat dikelompokkan berdasarkan letak peredarannya serta berdasarkan ukuran dan massanya.

Jika bumi sebagai acuannya maka terdapat planet interior dan planet superior. Planet interior, yaitu planet yang peredarannya terletak di antara matahari dan bumi. Planet Interior adalah Merkurius dan Venus.

Sedangkan planet Superior, yaitu planet yang peredarannya terletak di luar peredaran bumi. Planet superior antara lain Mars, Yupiter, Sarturnus, Uranus, dan Neptunus.

Apabila Asteroid yang dijadikan sebagai acuan, maka planet dalam dan planet luar. Planet dalam, yaitu planet yang peredarannya antara matahari dan asteroid. Planet yang termasuk planet dalam yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Sedangkan planet luar, yaitu planet yang peredarannya di luar asteroid. Planet luar antara lain Yupiter, Sartunus, Uranus, dan Neptunus.

2. Satelit

Satelit adalah benda langit pengiring planet, selalu berputar mengelilingi planet dengan arah peredaran sama dengan arah peredaran planetnya.

Seperti halnya planet, satelit juga berotasi pada sumbunya, sehingga satelit melakukan tiga macam gerakan, yaitu berotasi pada sumbunya, berevolusi mengelilingi planet, dan bersama planet berevolusi mengelilingi matahari.

3. Komet

Komet adalah benda langit yang diselimuti awan dan gas sehingga tampak seperti bintang berekor.

Ada tiga bentuk lintasan komet, yaitu elips, parabola, dan hiperbola. Arah ekor komet selalu menjauhi matahari, karena terdorong oleh radiasi dan angin matahari.

4. Asteroid

Asteroid adalah benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari dengan orbit sebagian besar diantara planet mars dan yupiter.

5. Meteor

Meteorid adalah benda-benda angkasa yang bergerak dengan cepat dan lintasannya tidak beraturan.

Meteor merupakan benda angkasa yang menembus atmosfer dan terbakar. Sedangkan meteor yang jatuh ke bumi disebut meteorit.

Matahari Sebagai Bintang

Matahari termasuk bintang, yaitu benda langit yang mampu memancarkan cahaya sendiri. Energi yang dipancarkan matahari berbentuk gelombang elektromagnet. Sumber energi matahari berasal dari reaksi fusi yang terjadi di dalam inti matahari.

Jarak Matahari ke bumi sekitar 1.149 juta kilometer dan diameter matahari kurang lebih 1.390.000 kilometer besarnya dari diameter bumi.

Tanpa adanya matahari, maka kehidupan di bumi akan musnah. Matahari merupakan bintang yang paling dekat dengan bumi, sehingga tampak lebih besar dibandingkan dengan bintang-bintang lainnya yang terlihat pada malam hari.

Lapisan-lapisan matahari

Bagian-bagian Matahari sebagai Pusat Sistem Tata Surya

  1. Inti matahari: bagian paling dalam dari matahari, suhu sekitar 15 juta kelvin,tempat terjadinya reaksi fusi.
  2. Fotosfer: sebagai permukaan matahari, memancarkan cahaya paling kuat yang sebagian sampai ke bumi, suhu 5700 kelvin (benda dengan suhu tersebut akan berwarna kuning).
  3. Kromosfer: merupakan lapisan gas (disebut juga atmosfer matahari), suhu 400 kelvin, tampak seperti cincin berwana merah.
  4. Korona: lapisan matahari paling luar, berupa gas yang tampak seperti mahkota (korona),suhu 1 juta kelvin.

PPT Sistem Tata Surya Materi IPA SMP MTs K13

Di dalam membantu belajar peserta didik, berikut dibagikan PPT Sistem Tata Surya.

PPT Sistem Tata Surya ini berisi ringkasan materi tentang getaran dan gelombang untuk jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013.

PPT Sistem Tata Surya ini juga dapat dimanfaatkan oleh Bapak/Ibu Guru pengampu mata pelajaran IPA SMP/MTs sebagai bahan presentasi dalam pembelajaran.

Bapak/Ibu Guru dapat mengembangkan sendiri PPT Sistem Tata Surya ini sesuai dengan kebutuhan.

PPT Sistem Tata Surya materi IPA SMP MTs K13 secara lengkap dapat di unduh pada link berikut.

PPT Sistem Tata Surya (Unduh)

Demikian yang dapat admin bagikan mengenai PPT Sistem Tata Surya materi IPA SMP MTs K13. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan