Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 1

Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 1

Dvcodes.com. Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2019/2020 sebentar lagi akan diselenggarakan. Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2020 ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Di dalam Undang-Undang Sisdiknas tersebut, disebutkan bahwa tujuan Ujian Nasiona (UN) adalah  untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Pelaksanaan UN Tahun 2020 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.

Meskipun bukan lagi sebagai penentu kelulusan peserta didik, tetapi hasil Ujian Nasional tahun akan dijadikan sebagai pemetaan mutu pendidikan untuk meningkatkan kualitas sekolah di masing-masing daerah.

Hasil Ujian Nasional juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan seleksi masuk ke jenjang berikutnya. Selain itu, hasil ujian nasional dapat menjadi dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.

Hasil Ujian Nasional dijadikan sebagai indikator mutu pendidikan di tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan sekolah/madrasah.

Setiap peserta didik pada pendidikan dasar dan menengah wajib mengikuti Ujian Nasional satu kali untuk seluruh mata pelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Peserta didik yang berhak untuk mengikuti Ujian Nasional adalah yang telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu.

Selain itu, peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester satu pada tahun pertama sampai dengan semester pertama pada tahun terakhir.

Pencapaian kompetensi lulusan dalam Ujian Nasional dinyatakan dalam kategori sangat baik, baik, cukup, dan kurang.

Sedangkan penilaian pencapaian kompetensi lulusan dalam Ujian Nasional didasarkan pada rentang nilai 0 sampai 100 dengan kategori sebagai berikut.

a. Sangat Baik dengan kriteria 85 < Nilai ≤ 100

b. Baik dengan kriteria 70 < Nilai ≤ 85

c. Cukup dengan kriteria 55 < Nilai ≤ 70

d. Kurang dengan kriteria 0 ≤ Nilai ≤ 55

Soal Ujian Nasional Tahun 2020

Soal Ujian Nasional tahun 2020 disusun dan dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Soal dipilih dan dirakit dari bank soal sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional yang telah ditetapkan.

Proses pengembangan soal ini melibatkan unsur-unsur guru mata pelajaran, dosen perguruan tinggi, anggota BSNP, dan tentunya pakar penilaian pendidikan.

Penyelenggaran Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020 masih menggunakan dua bentuk ujian, yaitu Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Akan tetapi, persentase satuan pendidikan penyelenggara Ujian Nasional dengan sistem UNBK tahun ini lebih banyak jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca : Ringkasan Materi dan Contoh Soal UN SMP MTs 2020.

Berdasarkan jadwal yang dirilis oleh BNSP, Ujian Nasional SMP MTs tahun pelajaran 2019/2020 akan diselenggarakan pada tanggal 20, 21, 22, dan 23 April 2020.

Sedangkan ujian susulan akan dilaksanakan pada tanggal 29 April – 3 Mei 2020. Pengumuman hasil Ujian Nasional di Satuan Pendidikan rencananya pada tanggal 5 Juni 2020.

Soal Ujian Nasional 2020 akan menggunakan bentuk soal HOTS  (Higher Order Thinking Skill) atau soal dengan kemampuan analisis tinggi.

Peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan diri sejak awal untuk dapat mengerjakan soal Ujian Nasional tahun 2020 ini dengan baik, sehingga mampu memperoleh hasil maksimal.

Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 1

Salah satu persiapan yang harus dilakukan peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional SMP MTs tahun 2020 adalah berlatih mengerjakan soal Ujian Nasional.

Di dalam membantu peserta didik mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020, berikut admin bagikan prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 1.

Ruang lingkup materi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP MTs tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Membaca non sastra

2. Membaca sastra

3. Menulis terbatas

4. Menyunting kata, kalimat, paragraf

5. Menyunting ejaan dan tanda baca

Contoh prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 1.

Soal nomor 1

Cermati teks berikut!

Biografi Mario Teguh

Salam Super” itulah kata-kata pembuka yang biasa diucapkan oleh Mario Teguh ketika ia mulai membawakan acara di Metro TV yang bertajuk ‘Mario Teguh Golden Ways’. Terkenal sebagai motivator terbaik di Indonesia yang memiliki kepribadian yang cerdas serta mampu memotivasi banyak  orang  melalui rangkaian kata-kata bijaknya sehingga ia makin banyak disukai oleh orang-orang.

Makna kata bercetak miring pada kutipan teks tersebut adalah .…

A. orang yang bertugas mengingatkan orang lain agar selalu melakukan perbuatan baik

B. orang yang bertugas membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah pribadinya

C. orang yang menyebabkan timbulnya dorongan pada orang lain untuk melakukan sesuatu

D. orang yang membangkitkan semangat seseorang agar berasil dalam menjalankan usahanya.

Soal nomor 2

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!

Kelestarian Lingkungan Hidup

Lingkungan adalah sesuatu yang ada di sekitar manusia yang dapat memengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk manusia terlibat di dalamnya. Manusia harus menyadari bahwa lingkungan merupakan sarana pengembangan hidup yang harus dijaga kelestariannya.

Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling memengaruhi dalam membentuk keseimbangan,     stabilitas, dan     produktivitas     lingkungan      hidup.   Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik.

Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup, seperti tanah, air, iklim, udara dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.

Soal nomor 2

Informasi yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah …

A. Tanpa adanya unsur lingkungan hidup, manusia tidak hidup di bumi.

B. Unsur abiotik tidak terlalu berpengaruh terhadap kelangsungan hidup.

C. Unsur sosial budaya diciptakan oleh manusia untuk kelestarian kehidupan di bumi.

D. Lingkungan hidup yang meliputi unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik harus dijaga.

Soal nomor 3

Simpulan isi teks tersebut adalah …

A. Manusia harus menjaga kelestarian lingkungan hidup.

B. Manusia dapat memanfaatkan seluruh isi lingkungan

C. Seluruh unsur lingkungan hidup saling mempengaruhi demi kehidupan

D. Unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik harus dimanfaatkan manusia secara seimbang.

Cermatilah teks berikut, kemudian jawablah soal nomor 4 dan 5!

Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan cara meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap atau gula sehingga rasa asamnya berkurang. (http://informasiana.com)

Soal nomor 4

Ide pokok teks tersebut adalah ….

A. manfaat jeruk nipis

B. kandungan jeruk nipis

C. campuran jeruk nipis

D. cara penggunaan jeruk nipis

Soal nomor 5

Isi yang tersirat pada bagian teks tersebut adalah …

A. Jeruk nipis dapat dicampur dengan zat lainnya,

B. Jeruk nipis dapat ditanam di pekarangan rumah.

C. Jeruk nipis memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan.

D.Jeruk nipis lebih berkhasiat dibandingkan jeruk lainnya.

………

Prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 1 dan pembahasannya secara lengkap dapat di unduh di sini.

Baca juga :

Prediksi soal UN SMP MTS tahun 2020 lainnya dapat diunduh pada link berikut.

  • Prediksi Soal UN Matematika SMP MTS Tahun 2020 (Unduh)
  • Prediksi Soal UN IPA SMP MTS Tahun 2020 (Unduh)
  • Prediksi Soal UN Bahasa Inggris SMP MTS Tahun 2020 (Unduh)

Selain prediksi soal UN SMP MTs tahun 2020, berikut ini admin bagikan contoh soal Ujian Nasional UN SMP MTs tahun 2020 yang bisa di unduh pada link di bawah ini.

  • Contoh Soal UN  IPA SMP MTs Tahun 2020 (Unduh)
  • Contoh Soal UN Matematika SMP MTs Tahun 2020 (Unduh)
  • Contoh Soal UN Bahasa Indonesia SMP MTs 2020 (Unduh)
  • Contoh Soal UN Bahasa Inggris SMP MTs 2020 (Unduh)

Demikian prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS tahun 2020 Paket 1. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan