Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 2

Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 2

Dvcodes.com. Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2019/2020 sebentar lagi akan diselenggarakan. Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2020 ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Di dalam Undang-Undang Sisdiknas tersebut, disebutkan bahwa tujuan Ujian Nasiona (UN) adalah  untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Pelaksanaan UN Tahun 2020 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.

Meskipun bukan lagi sebagai penentu kelulusan peserta didik, tetapi hasil Ujian Nasional tahun akan dijadikan sebagai pemetaan mutu pendidikan untuk meningkatkan kualitas sekolah di masing-masing daerah.

Hasil Ujian Nasional juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan seleksi masuk ke jenjang berikutnya. Selain itu, hasil ujian nasional dapat menjadi dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.

Hasil Ujian Nasional dijadikan sebagai indikator mutu pendidikan di tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan sekolah/madrasah.

Setiap peserta didik pada pendidikan dasar dan menengah wajib mengikuti Ujian Nasional satu kali untuk seluruh mata pelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Peserta didik yang berhak untuk mengikuti Ujian Nasional adalah yang telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu.

Selain itu, peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester satu pada tahun pertama sampai dengan semester pertama pada tahun terakhir.

Pencapaian kompetensi lulusan dalam Ujian Nasional dinyatakan dalam kategori sangat baik, baik, cukup, dan kurang.

Sedangkan penilaian pencapaian kompetensi lulusan dalam Ujian Nasional didasarkan pada rentang nilai 0 sampai 100 dengan kategori sebagai berikut.

a. Sangat Baik dengan kriteria 85 < Nilai ≤ 100

b. Baik dengan kriteria 70 < Nilai ≤ 85

c. Cukup dengan kriteria 55 < Nilai ≤ 70

d. Kurang dengan kriteria 0 ≤ Nilai ≤ 55

Soal Ujian Nasional Tahun 2020

Soal Ujian Nasional tahun 2020 disusun dan dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Soal dipilih dan dirakit dari bank soal sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional yang telah ditetapkan.

Proses pengembangan soal ini melibatkan unsur-unsur guru mata pelajaran, dosen perguruan tinggi, anggota BSNP, dan tentunya pakar penilaian pendidikan.

Penyelenggaran Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020 masih menggunakan dua bentuk ujian, yaitu Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Akan tetapi, persentase satuan pendidikan penyelenggara Ujian Nasional dengan sistem UNBK tahun ini lebih banyak jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca : Ringkasan Materi dan Contoh Soal UN SMP MTs 2020.

Berdasarkan jadwal yang dirilis oleh BNSP, Ujian Nasional SMP MTs tahun pelajaran 2019/2020 akan diselenggarakan pada tanggal 20, 21, 22, dan 23 April 2020.

Sedangkan ujian susulan akan dilaksanakan pada tanggal 29 April – 3 Mei 2020. Pengumuman hasil Ujian Nasional di Satuan Pendidikan rencananya pada tanggal 5 Juni 2020.

Soal Ujian Nasional 2020 akan menggunakan bentuk soal HOTS  (Higher Order Thinking Skill) atau soal dengan kemampuan analisis tinggi.

Peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan diri sejak awal untuk dapat mengerjakan soal Ujian Nasional tahun 2020 ini dengan baik, sehingga mampu memperoleh hasil maksimal.

Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 2

Salah satu persiapan yang harus dilakukan peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional SMP MTs tahun 2020 adalah berlatih mengerjakan soal Ujian Nasional.

Di dalam membantu peserta didik mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020, berikut admin bagikan prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 2.

Ruang lingkup materi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP MTs tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Membaca non sastra

2. Membaca sastra

3. Menulis terbatas

4. Menyunting kata, kalimat, paragraf

5. Menyunting ejaan dan tanda baca

Contoh prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 2.

Soal nomor 1

Bacalah teks berikut!

“Bakat itu adalah 1% ilham ditambah 99% kerja keras.” Ini adalah kata-kata yang diucapkan oleh Thomas Alva Edison ketika orang-orang bertanya apakah dia merupakan orang yang berbakat.

Makna kata yang digarisbawahi pada teks tersebut adalah ….

A. bekerja sungguh-sungguh

B. bekerja karena kewajiban

C. bekerja dengan imbalan

D. bekerja tanpa istirahat

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 2 dan 3!

Kondisi kebersihan lingkungan di Perumahan Cendana sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat/tersumbat. Tempat pembuangan sampah pun sudah ada di tiap depan rumah warga. Tempat pembuangan sampah berupa tong besar atau drum. Kondisinya juga terawat sehingga tidak menimbulkan bau tidak sedap. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Cendana melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan. (http://yadi82.blogspot.com/2014/08/contoh-teks-laporan-hasil-observasi.html)

Soal nomor 2

Isi tersurat dari teks tersebut adalah …

A. Masyarakat melaksanakan kerja bakti setiap akhir pekan.

B. Kebersihan lingkungan di Perumahan Cendana sangat

C. Kesadaran masyarakat Perumahan Cendana masih

D. Perumahan Cendana adalah area kompleks tempat tinggal

Soal nomor 3

Simpulan isi teks tersebut adalah …

A. Membuang sampah pada tempatnya adalah contoh bentuk peduli

B. Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab masyarakat dan

C. Kesadaran warga Perumahan Cendana tentang kebersihan sangat

D. Petugas kebersihan selalu menjalankan kewajiban menjaga kebersihan.

Bacalah kutipan teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dengan berolahraga akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Hal itu dapat dirasakan oleh semua orang yang berolahraga. Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampat negatifnya.

Soal nomor 4

Ide pokok kutipan teks tersebut adalah ….

A. pentingnya kesehatan

B. gaya hidup berolahraga

C. manfaat berolahraga

D. dampak negatif olahraga

Soal nomor 5

Isi tersirat kutipan teks tersebut adalah …

A. Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

B. Ingin tubuh sehat dan bugar, lakukan olahraga secara rutin.

C. Jika tidak pernah berolahraga, pasti akan merasakan dampaknya,

D. Olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang.

………

Prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 2 dan pembahasannya secara lengkap dapat di unduh di sini.

Baca juga :

Prediksi soal UN SMP MTS tahun 2020 lainnya dapat diunduh pada link berikut.

  • Prediksi Soal UN Matematika SMP MTS Tahun 2020 (Unduh)
  • Prediksi Soal UN IPA SMP MTS Tahun 2020 (Unduh)
  • Prediksi Soal UN Bahasa Inggris SMP MTS Tahun 2020 (Unduh)

Selain prediksi soal UN SMP MTs tahun 2020, berikut ini admin bagikan contoh soal Ujian Nasional UN SMP MTs tahun 2020 yang bisa di unduh pada link di bawah ini.

  • Contoh Soal UN  IPA SMP MTs Tahun 2020 (Unduh)
  • Contoh Soal UN Matematika SMP MTs Tahun 2020 (Unduh)
  • Contoh Soal UN Bahasa Indonesia SMP MTs 2020 (Unduh)
  • Contoh Soal UN Bahasa Inggris SMP MTs 2020 (Unduh)

Demikian prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS tahun 2020 Paket 2. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan