Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 3

Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 3

Dvcodes.com. Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2019/2020 sebentar lagi akan diselenggarakan. Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2020 ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Di dalam Undang-Undang Sisdiknas tersebut, disebutkan bahwa tujuan Ujian Nasiona (UN) adalah  untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Pelaksanaan UN Tahun 2020 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.

Meskipun bukan lagi sebagai penentu kelulusan peserta didik, tetapi hasil Ujian Nasional tahun akan dijadikan sebagai pemetaan mutu pendidikan untuk meningkatkan kualitas sekolah di masing-masing daerah.

Hasil Ujian Nasional juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan seleksi masuk ke jenjang berikutnya. Selain itu, hasil ujian nasional dapat menjadi dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.

Hasil Ujian Nasional dijadikan sebagai indikator mutu pendidikan di tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan sekolah/madrasah.

Setiap peserta didik pada pendidikan dasar dan menengah wajib mengikuti Ujian Nasional satu kali untuk seluruh mata pelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Peserta didik yang berhak untuk mengikuti Ujian Nasional adalah yang telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu.

Selain itu, peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester satu pada tahun pertama sampai dengan semester pertama pada tahun terakhir.

Pencapaian kompetensi lulusan dalam Ujian Nasional dinyatakan dalam kategori sangat baik, baik, cukup, dan kurang.

Sedangkan penilaian pencapaian kompetensi lulusan dalam Ujian Nasional didasarkan pada rentang nilai 0 sampai 100 dengan kategori sebagai berikut.

a. Sangat Baik dengan kriteria 85 < Nilai ≤ 100

b. Baik dengan kriteria 70 < Nilai ≤ 85

c. Cukup dengan kriteria 55 < Nilai ≤ 70

d. Kurang dengan kriteria 0 ≤ Nilai ≤ 55

Soal Ujian Nasional Tahun 2020

Soal Ujian Nasional tahun 2020 disusun dan dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Soal dipilih dan dirakit dari bank soal sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional yang telah ditetapkan.

Proses pengembangan soal ini melibatkan unsur-unsur guru mata pelajaran, dosen perguruan tinggi, anggota BSNP, dan tentunya pakar penilaian pendidikan.

Penyelenggaran Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020 masih menggunakan dua bentuk ujian, yaitu Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Akan tetapi, persentase satuan pendidikan penyelenggara Ujian Nasional dengan sistem UNBK tahun ini lebih banyak jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca : Ringkasan Materi dan Contoh Soal UN SMP MTs 2020.

Berdasarkan jadwal yang dirilis oleh BNSP, Ujian Nasional SMP MTs tahun pelajaran 2019/2020 akan diselenggarakan pada tanggal 20, 21, 22, dan 23 April 2020.

Sedangkan ujian susulan akan dilaksanakan pada tanggal 29 April – 3 Mei 2020. Pengumuman hasil Ujian Nasional di Satuan Pendidikan rencananya pada tanggal 5 Juni 2020.

Soal Ujian Nasional 2020 akan menggunakan bentuk soal HOTS  (Higher Order Thinking Skill) atau soal dengan kemampuan analisis tinggi.

Peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan diri sejak awal untuk dapat mengerjakan soal Ujian Nasional tahun 2020 ini dengan baik, sehingga mampu memperoleh hasil maksimal.

Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 3

Salah satu persiapan yang harus dilakukan peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional SMP MTs tahun 2020 adalah berlatih mengerjakan soal Ujian Nasional.

Di dalam membantu peserta didik mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020, berikut admin bagikan prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 3.

Ruang lingkup materi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP MTs tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Membaca non sastra

2. Membaca sastra

3. Menulis terbatas

4. Menyunting kata, kalimat, paragraf

5. Menyunting ejaan dan tanda baca

Contoh prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 3.

Soal nomor 1

Bacalah teks biografi berikut!

Rudy Hartono pria yang lahir dan besar di Surabaya pada 1949 ini prestasinya hingga kini tidak ada yang menandingi. Kalau banyak kalangan menyebut Rudy Hartono sebagai maestro bulu tangkis dunia pasti tidak ada yang menyangsikan. Rudy Hartono adalah kebanggaan Indonesia.Ia menjuarai turnamen bulutangkis dunia sebanyak 8 kali, bahkan secara berturut-turut.

Untuk meraih prestasi itu memang tidak gampang. Sejak kecil Rudy memang digembleng ayahnda berlatih bulutangkis. Pagi buta, di kala semua orang masih terlelap dalam peraduan, Rudy kecil sudah berlatih fisik dengan berlari sejauh puluhan kilometer. Rudy mengaku kehilangan masa kanak-kanak dan remajanya untuk meraih prestasi.

Namun, Rudy tidak menyesal kehilangan itu karena jerih payahnya itu telah mengukir namanya mengharumkan nama Indonesia. Kesuksesan memang terasa indah karena akan diikuti dengan pujian dan gelimang hadiah dari mana-mana. Namun banyak yang lupa bahwa untuk meraih kesuksesan itu butuh pengorbanan. Sudah selayaknya kita‖angkat topi‖ kepada juara ini, karena Rudy telah mempersembahkan prestasi untuk negeri tercinta.

Kata maestro pada paragraf tersebut bermakna ….

A. orang yang hebat dalam bidang yang digeluti

B. orang yang ahli dan berprestasi di bidang tertentu

C. orang yang mempunyai nama besar karena kesuksesannya

D. orang yang menjuarai suatu pertandingan dan tidak terkalahkan

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!

Menurut penelitian Badan Kesehatan Dunia (WHO), rokok berbahaya bagi kesehatan. Rokok mengandung 4.000 zat kimia yang berbahaya. Sedikitnya 25 jenis penyakit yang timbul sebagai akibat merokok. Di dunia ditemukan 70 juta kematian dalam kurun waktu 50 tahun terakhir karena penyakit yang disebabkan kebiasaan merokok. Satu di antaranya adalah kanker. Sebuah survei pernah menyebutkan bahwa kanker paru-paru menjadi penyebab kematian di Australia pada tahun 1993. Meskipun banyak anggota masyarakat yang meninggal karena penyakit akibat merokok, hal itu ternyata tidak cukup kuat menjadi shock teraphy para pecandu rokok. Sebaliknya, jumlah perokok aktif kian bertambah, termasuk di Indonesia.

Soal nomor 2

Informasi tersurat berdasarkan teks tersebut adalah …

A. Shock teraphy yang ditujukan kepada para pecandu rokok ternyata

B. Kematian akibat merokok ada 50 juta dalam kurun waktu 50 tahun

C. Penyebab utama kematian penduduk Australia adalah akibat

D. Kandungan zat kimia berbahaya yang terdapat dalam rokok ada 4.000

Soal nomor 3

Kesimpulan isi teks tersebut adalah …

A. Merokok menyebabkan kematian 70 juta jiwa pada kurun waktu 50.

B. Negara yang paling terkena dampak akibat rokok adalah Australia pada tahun 1993.

C. Dalam rokok terkandung 4.000 zat kimia berbahaya yang menimbulkan sedikitnya 25 jenis penyakit.

D. Rokok mengandung zat kimia berbahaya yang menyebabkan kematian, sehingga menjadi masalah kesehatan dunia.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!

Motivasi memegang peranan yang amat penting dalam belajar. Maslow (1945) dengan teori kebutuhannya, menggambarkan hubungan hirarkhis dan berbagai kebutuhan, di ranah kebutuhan pertama merupakan dasar untuk timbul kebutuhan berikutnya. Jika kebutuhan pertama telah terpuaskan, barulah manusia mulai ada keinginan untuk memuaskan kebutuhan yang selanjutnya. Pada kondisi tertentu akan timbul kebutuhan yang tumpang tindih, contohnya adalah orang ingin makan bukan karena lapar, tetapi karena ada kebutuhan lain yang mendorongnya. Jika suatu kebutuhan telah terpenuhi atau terpuaskan, itu tidak berarti bahwa kebutuhan tesebut tidak akan muncul lagi untuk selamanya. Akan tetapi, kepuasan itu hanya untuk sementara waktu. Manusia yang dikuasai oleh kebutuhan yang tidak terpuaskan akan termotivasi untuk melakukan kegiatan guna memuaskan kebutuhan tersebut.

Soal nomor 4

Ide pokok kutipan teks tersebut adalah ….

A. peranan motivasi dalam belajar

B. berbagai macam kebutuhan hidup manusia

C. ketidakpuasan manusia dalam memenuhi kebutuhan

D. peranan belajar sebagai motivasi memenuhi kebutuhan

Soal nomor 5

Isi tersirat dalam kutipan teks tersebut adalah …

A. Motivasi dan kebutuhan memegang peranan penting.

B. Pemenuhan kebutuhan seseorang dipengaruhi oleh motivasi.

C. Belajar adalah kebutuhan hidup manusia agar dapat memuaskan aspek-aspek kognitif yang paling mendasar.

D. Jika seluruh kebutuhan secara individu terpenuhi, maka akan merasa bebas menampilkan seluruh potensinya secara penuh.

………

Prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2020 Paket 3 dan pembahasannya secara lengkap dapat di unduh di sini.

Baca juga :

Prediksi soal UN SMP MTS tahun 2020 lainnya dapat diunduh pada link berikut.

  • Prediksi Soal UN Matematika SMP MTS Tahun 2020 (Unduh)
  • Prediksi Soal UN IPA SMP MTS Tahun 2020 (Unduh)
  • Prediksi Soal UN Bahasa Inggris SMP MTS Tahun 2020 (Unduh)

Selain prediksi soal UN SMP MTs tahun 2020, berikut ini admin bagikan contoh soal Ujian Nasional UN SMP MTs tahun 2020 yang bisa di unduh pada link di bawah ini.

  • Contoh Soal UN  IPA SMP MTs Tahun 2020 (Unduh)
  • Contoh Soal UN Matematika SMP MTs Tahun 2020 (Unduh)
  • Contoh Soal UN Bahasa Indonesia SMP MTs 2020 (Unduh)
  • Contoh Soal UN Bahasa Inggris SMP MTs 2020 (Unduh)

Demikian prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP MTS tahun 2020 Paket 3. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan