Proses Belajar Dari Rumah Di Tengah Masa Darurat Covid-19

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan kebijakan pendidikan mengenai belajar dari rumah di tengah masa darurat Covid-19.

Peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia perlu diimbangi dengan upaya untuk melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengambil langkah-langkah preventif di bidang pendidikan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 pada satuan pendidikan. Salah satu kebijakan tersebut adalah dengan menetapkan proses belajar dari rumah untuk guru dan peserta didik.

Secara sederhana, belajar dari rumah adalah kegiatan mengubah proses pembelajaran di sekolah menjadi di rumah. Peserta didik tetap mengerjakan semua tugas dari sekolah, tetapi dilakukan di rumah.

Orangtua memiliki kewajiban untuk memantau proses belajar dari rumah yang dilakukan oleh anak-anak mereka.

Pelaksanaan Belajar Dari Rumah ini tidak akan memengaruhi tingkat kehadiran. Artinya kegiatan belajar dari rumah dipandang sama seperti bekerja di kantor, sekolah, atau perguruan tinggi). Belajar dari rumah tidak mengurangi kinerja dan juga tidak memengaruhi tunjangan kinerja.

Bentuk Belajar dari Rumah

Belajar dari rumah dapat dilakukan dalam bentuk pembelajaran daring (dalam jaringan) atau jarak jauh. Pembelajaran daring dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik,

Pembelajaran daring tidak mengharuskan untuk menuntaskan seluruh capaian kurikulum dalam kenaikan kelas maupun kelulusan.

Lebih lanjut, Mendikbud menjelaskan bahwa belajar dari rumah selama masa darurat Covid-19 dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup. Contohnya antara lain membahas mengenai pandemi Covid-19.

Aktivitas dan tugas pembelajaran Belajar dari Rumah dapat bervariasi antarsiswa sesuai dengan minat dan kondisinya masing-masing.

Belajar dari Rumah juga perlu mempertimbangkan kesenjangan akses atau fasilitas belajar yang dimiliki peserta didik di rumah.

Baca :

Guru tidak bisa memaksakan peserta didik untuk melaksanakan proses belajar dari rumah menggunakan daring jika memang peserta didik tersebut tidak memiliki fasilitas jaringan internet. Pembelajaran dapat diganti dengan pemberian tugas tertulis untuk dikerjakan selama dirumah.

Bukti atau produk aktivitas Belajar dari Rumah diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru, tanpa diharuskan memberi nilai kuantitatif.

Tips Menyiapkan Belajar Dari Rumah

Dikutip dari kompas.com, ada beberapa tips yang dapat diterapkan orangtua untuk menyiapkan peserta didik dalam belajar dari rumah, sebagai berikut.

1. Sederhanakan jadwal belajar

Orangtua dapat menyederhanakan jadwal belajar anak-anak mereka setiap hari. Jadwal dibuat secara realistis, disederhanakan, dan tidak membebani anak selama di rumah.

2. Ciptakan ruang belajar yang kondusif

Ruang belajar yang nyaman akan membuat anak menjadi betah belajar di rumah. Orangtua perlu membuat ruang belajar anak seminimal mungkin tidak ada gangguan. Dengan demikian, proses belajar dari rumah dapat lebih maksimal.

3. Komunikasi dengan guru

Komunikasi dengan guru dapat dilakukan secara berkala. Komunikasi dilakukan terkait tugas yang diberikan guru selama peserta didik melakukan proses belajar dari rumah.

4. Belajar di luar materi sekolah

Bentuk belajar dari rumah dapat berupa belajar tentang kehidupan nyata atau pendidikan kecakapan hidup. Anak-anak dapat belajar mengenai aspek sosial komunikasi, kemandirian, dan keterampilan lainnya yang sifatnya menyenangkan.

5. Meningkatkan komunikasi di rumah

Selama di rumah, orangtua memiliki kesempatan lebih banyak untuk berkomunikasi dengan anak-anak mereka.

Anak-anak dapat belajar berkomunikasi melalui diskusi ringan dengan orangtua tentang isu-isu permasalahan global yang trend, misalkan mengenai pandemi Covid-19 seperti yang terjadi saat ini

Daftar Akses Pembelajaran secara Daring

Sejumlah lembaga penyedia telah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyediakan sarana pembelajaran daring secara gratis untuk dimanfaatkan dalam proses belajar dari rumah.

Berikut ini daftar link beberapa lembaga penyedia sarana pembelajaran daring tersebut.

1. Akses Rumah Belajar

https://belajar.kemdikbud.go.id

2. Akses Google G Suite for Education

https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/

3. Akses Kelas Pintar

https://kelaspintar.id

4. Akses Microsoft Office 365

https://microsoft.com/id-id/education/products/office

5. Akses Quipper School

https://www.quipper.com/id/school/teachers/

6. Akses Sekolah Online Ruangguru Gratis

https://sekolahonline.ruangguru.com

7. Akses gratis belajar online Sekolahmu

https://www.sekolah.mu/tanpabatas

8. Akses Zenius

https://zenius.net/belajar-mandiri

.

Leave a Reply