Regulasi Gala Siswa Indonesia GSI SMP Tahun 2020

Gala Siswa Indonesia (GSI) merupakan wadah bagi para peserta didik dalam menumbuhkembangkan bakat, minat dan prestasi dalam bidang sepakbola, melalui pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan sekolah.

Penyelenggaraan GSI ini diminati para pencinta sepakbola dalam menumbuhkan atmosfir pertandingan dan menghidupkan kembali pertandingan sepakbola mulai tingkat kecamatan
hingga nasional.

Berdasarkan data pendaftaran daring, partisipasi GSI SMP tahun 2019 telah melibatkan sebanyak 34 tim dari 34 Provinsi, 268 Kabupaten/Kota, 2.524 Kecamatan, 11.723 Sekolah dan 122.979 siswa.

Pelaksanaan pertandingan GSI tahun 2019 adalah sebanyak 5.340 pertandingan yakni 64 pertandingan di tingkat nasional, 335 pertandingan di tingkat provinsi, 1.418 pertandingan di tingkat  kabupaten/kota dan 3.523 pertandingan di tingkat kecamatan.

Direktorat Pembinaan SMP kembali akan menyelenggarakan kompetisi GSI Tahun 2020 bekerjasama dengan LPMP, Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kab./Kota dalam sosialisasi, koordinasi dan kerjasama dalam persiapan penyelenggaraan kompetisi di setiap tingkatan lomba.

Gala Siswa Indonesia (GSI) menjadi sebuah kompetisi sepakbola antar pelajar siswa SMP yang dilaksanakan berjenjang dari tingkat Kecamatan (sekolah) sampai dengan tingkat nasional.

Gala Siswa Indonesia adalah usaha nyata pemerintah untuk memberikan ruang belajar bagi peserta didik, guru, suporter, dan orangtua untuk menyemarakkan dan memotivasi siswa yang mempunyai bakat dan potensi dibidang olahraga sepakbola dalam bentuk kegiatan kompetisi sepakbola di wilayah masing-masing.

Baca : Petunjuk Teknis Juknis Gala Siswa Indonesia GSI SMP 2020

Berkaitan dengan dengan penyelenggaraan kompetisi tersebut, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  bekerjasama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menerbitkan Regulasi Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2020.

Regulasi Pertandingan Gala Siswa Indonesia adalah peraturan yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pendiri dan penyelenggara kompetisi yang bekerjasama dengan KONI dan PSSI untuk mengelola pertandingan dimaksud agar seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan tertib dan teratur.

Pedoman Penyusunan Regulasi GSI

Regulasi Pertandingan Gala Siswa Indonesia ini dimaksudkan untuk mengatur penyelenggaraan pertandingan guna terwujudnya ketertiban serta kelancaran jalannya pertandingan.

Regulasi Kompetisi GSI SMP tahun 2020 ini berpedoman pada :

1. FIFA“Laws of the Game”

2. Petunjuk pelaksanaan yang berlaku dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI); dan

3. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pengorganisasian

Gala Siswa Indonesia (GSI) diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan merupakan panitia penyelenggara pada setiap jenjang kompetisi GSI.

KONI (KONI Provinsi dan KONI Kabupaten/Kota) membantu koordinasi pelaksanaan pertandingan GSI di bawah pengawasan dan pengendalian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

PSSI (ASPROV PSSI dan ASKAB/ASKOT) merupakan pelaksana teknis pertandingan yang berada di bawah Kepanitiaan GSI dengan pengawasan dan pengendalian dari KementerianPendidikan dan Kebudayaan.

Peserta GSI

Peserta GSI Tingkat Kecamatan adalah peserta GSI yang berasal dari Sekolah Menegah Pertama yang merupakan tim perwakilan sekolah untuk mengikuti kompetisi GSI di tingkat kecamatan.

Peserta GSI Tingkat Kabupaten/Kota adalah peserta GSI yang berasal dari Gabungan Pemain Terbaik hasil penilaian pemandu bakat yang dilakukan pada kompetisi GSI Tingkat Kecamatan.

Peserta GSI Tingkat Provinsi adalah peserta GSI yang berasal dari Gabungan Pemain Terbaik hasil penilaian pemandu bakat yang dilakukan pada kompetisi GSI tingkat Kabupaten/Kota.

Peserta GSI Tingkat Nasional adalah peserta yang berasal dari Gabungan Pemain Terbaik hasil pemandu bakat yang dilakukan pada kompetisi GSI Tingkat Provinsi.

Seluruh peserta yang mengikuti Gala Siswa Indonesia sesuai tingkatannya pada poin 1 s.d. 4 telah terdaftar pada alamat laman resmi pendaftaran daring Gala Siswa Indonesia milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan alamat laman.

Persyaratan Pemain

Pemain yang diperbolehkan bermain dalam Gala Siswa Indonesia adalah :

1. Berkewarganegaraan Indonesia;

2. Siswa yang terdaftar sebagai siswa SMP Negeri/Swasta, SMP Terbuka atau SD-SMP Satu Atap;

3. Siswa Kelas 7 dan 8 pada Tahun Ajaran 2019/2020;

4. Siswa dengan tahun kelahiran tanggal 1 Januari 2006 dan setelahnya;

5. Siswa yang memiliki NISN dan terdaftar sebagai peserta didik sesuai Data Pokok Pendidikan (Dapodik) maksimal 31 Desember 2019;

6. Pemain terbaik hasil talent scouting pada setiap tingkatan seleksi;

7. Bukan binaan dari Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP), Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO);

8. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah;

9. Dikirim oleh pejabat yang berwenang dalam setiap tingkatan seleksi;

10. Siswa yang telah memenuhi persyaratan pada pendaftaran daring (registrasi online) seperti formulir pendaftaran peserta, surat keterangan dokter, dan SK Penetapan Peserta.

Pendaftaran Pemain dan Ofisial

1. Pendaftaran pemain dan ofisial dilaksanakan hanya secara daring/online pada ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik/galasiswaindonesia

2. Pendaftaran pemain dan ofisial mengikuti agenda yang ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

3. Pendaftaran setiap tim peserta hanya terdiri dari 18 (delapan belas) pemain dan 4 (empat) ofisial.

4. Pemain yang didaftarkan tersebut dapat dimainkan setelah dinyatakan sah oleh Tim Keabsahan di setiap jenjang kompetisi GSI setelah seluruh pemain tersebut telah melakukan registrasi online (daring).

Verifikasi Ulang Keabsahan Pemain

1. Verifikasi ulang keabsahan pemain akan dibahas, disetujui, dan ditetapkan dalam pertemuan teknik (technical meeting) oleh Panitia GSI dan PSSI sesuai tingkatannya.

2. Verifikasi ulang terhadap pemain akan dilakukan oleh Pengawas Pertandingan sebelum pelaksanaan pertandingan.

3. Pemain yang telah disahkan dan diverifikasi ulang, telah mempunyai ID card selambat- lambatnya 1 (satu) hari sebelum pertandingan pertama dimulai.

Sistem dan Skema Pertandingan

Kompetisi Gala Siswa Indonesia terdiri dari 4 (empat) tingkatan, yaitu :

a. GSI Tingkat Kecamatan;

b. GSI Tingkat Kabupaten/ Kota;

c. GSI Tingkat Provinsi dan

GSI Tingkat Nasional.

Pelaksanaan tingkat kecamatan, kabupaten/ kota, dan provinsi dilaksanakan dengan sistem kompetisi yang diserahkan kepada masing-masing provinsi sesuai dengan jumlah peserta tiap provinsi.

Pelaksanaan tingkat nasional diikuti oleh 34 (tiga puluh empat) tim provinsi. Skema pertandingan Gala Siswa Indonesia tingkat nasional terbagi dalam delapan grup. Masing-masing grup terdiri dari 4 (empat) s.d. 5 (lima) tim.

Penetapan grup dalam pertandingan tingkat nasional ditetapkan melalui :

a . Sistem Seeded (pemisahan tim Unggulan) 8 (delapan) Besar;

b . Sistem undian (drawing).

Hasil drawing tidak dapat diganggu gugat.

Penentuan lokasi venue/stadion, waktu kick off, dan jadwal pertandingan grup tingkat nasional merupakan otoritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembiayaan GSI

Seluruh biaya pelaksanaan untuk melaksanakan Gala Siswa Indonesia tingkat Kecamatan, tingkat
Kabupaten/Kota dan Tingkat Provinsi menjadi tanggung jawab Pemerintah daerah setempat sesuai tingkatannya dan pembiayaan dibebankan pada APBD dan Sponsor (Diluar Perusahaan Rokok dan/atau ditetapkan oleh Panitia Pusat).

Pelaksanaan Gala Siswa Indonesia dapat bekerjasama dengan instansi lain yang dapat mendukung kompetisi tersebut (Partnership/Sponsorship).

Pelaksanaan Gala Siswa Indonesia Nasional menjadi tanggung jawab Panitia Pusat, Direktorat Pembinaan SMP. Pembiayaan dibebankan pada APBN.

Hadiah dan Penghargaan

Jenis hadiah dan penghargaan ditentukan oleh masing-masing panitia Gala Siswa Indonesia pada setiap tingkat kompetisi.

Peserta Gala Siswa Indonesia Nasional yang memenuhi persyaratan kompetisi akan mendapatkan Beasiswa Bakat dan Prestasi SMP tahun 2020.

Regulasi Gala Siswa Indonesia GSI SMP Tahun 2020 secara lengkap dapat diunduh di sini.

Demikian regulasi Gala Siswa Indonesia GSI SMP Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply