Rencana Strategis Renstra Dirjen GTK Kemdikbud Tahun 2020-2024

Rencana Strategis Renstra Dirjen GTK Kemdikbud Tahun 2020-2024

Dvcodes.com. Rencana Strategis Renstra Dirjen GTK Kemdikbud Tahun 2020-2024 tertuang dalam Perdirjen GTK Nomor 3928/B/HK/2020.

Perdirjen GTK ini diterbitkan untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024,

Baca : Download Laporan Kinerja Ditjen GTK Tahun 2019

Rencana strategis Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan digunakan sebagai pedoman Direktorat Teknis dan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dalam melakukan:

1. penyusunan rencana strategis;

2. penyusunan rencana kerja;

3. penyusunan rencana kerja anggaran;

4. pengendalian pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran; dan

5. penyelenggaraan sistem akuntabilitas kinerja.

Rencana strategis Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan ini juga digunakan sebagai pedoman bagi pemerintah daerah dalam penyusunan rencana program pembangunan daerah bidang guru dan tenaga kependidikan.

Rencana strategis Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan disusun untuk pencapaian sasaran nasional dan sasaran strategis terkait guru dan tenaga kependidikan pada periode 2020-2024.

Rencana strategis Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan  tersebut meliputi:

1. pendahuluan;

2. tujuan dan sasaran;

3. arah kebijakan, strategi, kerangka regulasi, dan kerangka kelembagaan;

4. target kinerja dan kerangka pendanaan; dan

5. penutup.

Renstra Dirjen GTK Tahun 2020-2024  tercantum dalam Lampiran I dan Lampiran II sebagai bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Direktur Jenderal GTK ini.

Tujuan dan Indikator Kinerja Tujuan

Di dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan kementerian tahun 2020-2024, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menjabarkan visi, misi dan tujuan kementerian ke dalam tujuan dan indikator kinerja tujuan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Berdasarkan sasaran strategis yang akan dicapai pada tahun 2024, maka tujuan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yaitu:

“Peningkatan kualitas pembelajaran dan relevansi pendidikan di seluruh jenjang”

Indikator kinerja tujuan yang menjadi alat ukur keberhasilan yaitu:

“Persentase guru dan tenaga kependidikan profesional”

Ditargetkan pada tahun 2024, persentase guru dan tenaga kependidikan profesional mencapai 51,00%.

Sasaran dan Indikator Kinerja Sasaran

Di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada tahun 2020 telah ditetapkan 9 (sembilan) program dan mulai tahun 2021 program di seluruh kementerian/lembaga akan di restrukturisasi.

Dengan demikian, pada tahun 2021-2024 jumlah program di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di restrukturisasi menjadi 6 (enam) program.

Pada tahun 2020, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan menjalankan program guru dan tenaga kependidikan dan pada tahun 2021-2024 akan menjalankan program kualitas pengajaran dan pembelajaran.

Sebagai tolok ukur keberhasilan pelaksanaan program, perlu ditetapkan Sasaran Program dan Indikator Kinerja Program.

Sasaran Program adalah kondisi yang akan dicapai dari suatu program (outcome) dalam rangka pencapaian sasaran strategis Kementerian/Lembaga yang mencerminkan berfungsinya Keluaran (Output) Program.

Sedangkan Indikator Kinerja Program adalah ukuran kuantitatif dan/atau kualitatif yang menggambarkan keberhasilan pencapaian Sasaran Program.

Sasaran Program dan Indikator Kinerja Program Tahun 2020

Sasaran Program dan Indikator Kinerja Program Tahun 2021-2024

Sebagai tolok ukur keberhasilan pencapaian Sasaran Program, perlu ditetapkan Keluaran (Output) Program dan Indikator Output Program.

Keluaran (Output) Program adalah barang/jasa yang dihasilkan oleh level Eselon I dan dilaksanakan untuk mencapai Sasaran Program.

Sedangkan Indikator Output Program adalah ukuran kuantitatif dan/ atau kualitatif yang menggambarkan keberhasilan pencapaian Output Program.

Output Program dan Indikator Output Program Tahun 2020

Output Program dan Indikator Output Program Tahun 2020-2024

Perdirjen GTK Kemdikbud tentang Rencana Strategis Dirjen GTK Kemdikbud Tahun 2020-2024 secara lengkap dapat diunduh di sini.

Demikian Rencana Strategis Renstra Dirjen GTK Kemdikbud Tahun 2020-2024. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan