Rincian Kebutuhan PNS Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2019

Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal baru saja menetapkan rincian kebutuhan PNS Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2019.

Rincian kebutuhan PNS Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2019 ini disusun dengan mengacu pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Nomor 82 Tahun 2019.

Informasi mengenai alokasi formasi PNS Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2019 tentu menjadi berita yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pelamar yang berdomisili di Kabupaten Tegal dan sekitarnya.

Simpang-siur mengenai pendaftaran CPNS 2019 setidaknya sedikit terjawab dengan adanya usulan rincian kebutuhan PNS Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2019 tersebut.

Sebagaimana telah ramai diberitakan bahwa jadwal pendaftaran CPNS 2019 dimulai tanggal 25 Oktober 2019. Akan tetapi, tampaknya akan terjadi pengunduran pendaftaran karena belum ada informasi resmi terkait kapan pendaftaran CPNS 2019 ini dimulai.

Baca : Seleksi CPNS 2019 Memberi Peluang Pelamar Lulusan S2 dan S3

Formasi Terbesar CPNS 2019

Di dalam sebuah tayangan resmi, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), M. Ridwan, mengemukakan bahwa akan ada 4 (empat) besar formasi CPNS 2019.

Keempat besar formasi CPNS 2019 tersebut berjumlah kurang lebih 140 ribu dari total 197 ribu formasi yang dibutuhkan.

M. Ridwan menyampaikan 4 besar formasi CPNS 2019 ini adalah dari formasi guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis fungsional, dan tenaga teknis lainnya.

Baca : Download Rincian Kebutuhan Formasi PNS Kota Salatiga Tahun 2019

Mengenai jumlahnya, M.Ridwan memperkirakan dari formasi guru berjumlah sekitar 63 ribu; tenaga kesehatan, bidan, dokter, dokter gigi, dan perawat berjumlah sekitar 31 ribu; tenaga teknis fungsional sebanyak 23 ribuan; serta tenaga teknis lainnya berjumlah kurang lebih 28 ribuan.

Dokumen Wajib Pendaftaran CPNS 2019

Selain persyaratan umum yang perlu diperhatikan oleh pelamar, panitia pendaftaran CPNS 2019 juga akan mewajibkan pelamar untuk menyiapkan beberapa dokumen penting.

Berikut ini adalah 4 (empat) dokumen penting yang wajib disiapkan pelamar dalam pendaftaran CPNS tahun 2019.

1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)

Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) merupakan identitas resmi pelamar yang diterbitkan oleh Dukcapil setempat dan dibuat secara elektronik, dalam artian baik dari segi fisik maupun penggunaannya yang berfungsi secara komputerisasi.

Di dalam e-KTP terdapat biodata pelamar, yang meliputi beberapa komponen berikut.

1. Nomor Induk Kependudukan

2. Nama lengkap

3. Tempat dan Tanggal lahir

4. Jenis kelamin

5. Agama

6. Status

7. Golongan darah

8. Alamat lengkap pemegang KTP (RT, RW, Kelurahan, dan Kecamatan)

9. Pekerjaan

10. Pas foto

11. Tempat dan tanggal dikeluarkannya KTP

12. Tanda tangan pemegang KTP

13. Nama dan nomor induk pegawai pejabat yang menandatanganinya

Pelamar yang belum mempunyai e-KTP, dapat menggunakan bukti identitas berupa surat keterangan perekaman e-KTP yang diterbitkan oleh Dukcapil setempat.

2. Kartu Keluarga

Kartu Keluarga atau sering disebut KK adalah kartu yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga.

Pelamar wajib memiliki Kartu Keluarga, berisi data lengkap tentang identitas Kepala Keluarga dan anggota keluarga pelamar.

3. Ijazah dan Transkrip Nilai

Ijazah adalah surat tanda kelulusan yang berbentuk dokumen negara yang berisikan nilai kompetensi pelamar yang diperoleh melalui pendidikan.

Sedangkan transkrip nilai merupakan daftar nilai keseluruhan hasil belajar dan indeks prestasi dari matakuliah program studi yang diberikan sebagai lampiran ijazah.

4. Foto Diri

Pelamar juga perlu menyiapkan foto diri terbaru sesuai dengan ketentuan persyaratan. Mengutip persyaratan CPNS tahun 2018 terkait dengan foto diri, dijelaskan bahwa pelamar wajib mengunggah foto diri dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun pendaftaran.

Rincian Kebutuhan PNS Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2019

Berdasarkan data rincian kebutuhan PNS Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2019 diketahui bahwa jumlah keseluruhan formasi PNS yang dibutuhkan pemerintah daerah Kabupaten Tegal tahun 2019 seluruhnya adalah 499 formasi.

Baca : Pahami Tahapan SKD dan SKB Seleksi CPNS 2019.

Jumlah 499 formasi tersebut, terbagi dalam tiga jabatan, yaitu tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Jika melihat rincian jumlah kebutuhan PNS tiap jabatan, maka jabatan tenaga kependidikan dibutuhkan paling banyak, yaitu 308 formasi. Formasi jabatan guru kelas (guru Sekolah Dasar) dibutuhkan sebanyak 215 dan sisanya adalah Guru Mata pelajaran.

Jabatan tenaga teknis menduduki urutan kedua, yaitu sebanyak 116 formasi. Jabatan tenaga teknis yang paling banyak dibutuhkan adalah jabatan pengelola akuntansi, sebanyak 43 formasi.

Sedangkan untuk jabatan tenaga kesehatan dibutuhkan sebanyak 75 formasi. Jabatan tenaga kesehatan yang paling banyak dibutuhkan adalah jabatan Pelaksana/Terampil – Perawat, yaitu sebanyak 18 formasi.

Rincian kebutuhan PNS Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2019 secara lengkap dapat Anda unduh di sini.

Tinggalkan Balasan