Sambutan Kepala Kwarnas Pada Hari Pramuka Ke 59 Tahun 2020

Sambutan Kepala Kwarnas Pada Hari Pramuka Ke 59 Tahun 2020

Dvcodes,com. Hari Pramuka ke 59 Tahun 2020 diperingati di tengah-tengah masa pandemi Covid-19. Di dalam rangka mengantisipasi dampak penyebaran Covid-19, maka Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020 dilaksanakan secara sederhana, khidmat dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Peringatan Hari Pramuka ke 59 mengusung tema Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara.

Tema ini merupakan perwujudan semangat dari Gerakan Pramuka Indonesia untuk peduli dan membantu mengatasi penyebaran Covid-19. Wabah Covid-19 masih menjadi pandemi bagi sebagian besar negara di dunia.

Baca : Tema dan Logo Resmi HUT Ke 59 Pramuka Indonesia Tahun 2020

Terkait dengan Peringatan HUT Pramuka ke 59, Kwartir Nasional telah membagikan naskah sambutan Ketua Kwarnas Peringatan Hari Pramuka Ke 59 Tahun 2020.

Isi sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka pada Peringatan Hari Pramuka ke 59, disampaikan antara bahwa meskipun Gerakan Pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, dan bukan organisasi bantuan sosial, gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat, dan pembangunan masyarakat.

Hal ini sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka, berupa Dwi Satya dan Tri Satya serta Dwi Darma maupun Dasa Darma pramuka.

Bagian utama dari kode kehormatan tersebut adalah untuk menekankan kepada para pramuka agar dapat “menolong sesama hidup” dan “mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat”.

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan para pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter. Tujuannya untuk menumbuhkan kaum muda yang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

Pramuka diharapkan juga memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sikap siap menolong dan membantu yang dilakukan sejak usia muda, diharapkan dapat menumbuhkan sifat empati, berpengertian, dan bertoleransi.

Dengan demikian para Pramuka dapat hidup damai bersama seluruh komponen bangsa. Mereka tidak akan memandang perbedaan yang ada, baik suku, agama, ras maupun aspirasi polltik.

Itulah sebabnya, sejak terjadinya wabah Covid-19 yang telah melanda negara kita, Gerakan Pramuka selalu tanggap.

Gerakan Pramuka selalu mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya, dimulai dari hal-hal kecil bagi anggota pramuka itu sendiri.

Misalnya mendidik pentingnya menjaga kebersihan tubuh, termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker apabila berpergian ke luar rumah, dan menjaga jarak di keramaian.

Kegiatan tersebut pada intinya untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Baca : Susunan Upacara Peringatan HUT Pramuka Ke 59 Tahun 2020

Selanjutnya, para pramuka juga ikut berkreasi membuat masker, baik untuk digunakan sendiri maupun untuk dibagikan bagi yang membutuhkan.

Mereka membuat dan membagikan hand sanitizer, serta penyiapan bantuan makanan untuk dibagikan gratis kepada yang membutuhkan.

Bahkan, Gerakan Pramuka sampai aktif pula dalam gerakan melakukan penyemprotan desinfektan. Gerakan Pramuka juga melakukan kegiatan lainnya yang dibutuhkan dalam membantu menanggulangi wabah Covid-19.

Naskah Sambutan Ketua Kwarnas pada Hari Pramuka Ke 59 Tahun 2020 secara lengkap dapat dilihat dan di unduh di sini.

Demikian sambutan Ketua Kwarnas pada Peringatan HUT Pramuka Ke 59 Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan