Soal UH IPA Online Hukum Pewarisan Sifat Jenjang SMP MTs

Soal UH IPA Online Hukum Pewarisan Sifat Jenjang SMP MTs

Dvcodes.com. Berikut dibagikan soal Ulangan Harian UH IPA Online Hukum Pewarisan Sifat jenjang SMP MTs.

Soal UH IPA online Hukum Pewarisan Sifat SMP MTs ini untuk membantu belajar peserta didik SMP MTs dalam memahami materi IPA tentang hukum pewarisan sifat.

Soal UH IPA online ini berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban berisi soal-soal materi Hukum Pewarisan Sifat. Peserta didik dapat langsung mengerjakan soal online tersebut dan mengetahui perolehan nilainya.

Materi Hukum Pewarisan Sifat

Hukum Pewarisan Sifat (Hukum Mendel) adalah hukum yang mempelajari tentang pewarisan sifat dari generasi ke generasi berikutnya, melalui suatu pola tertentu yang khas dialami setiap makhluk hidup.

Hukum Pewarisan Sifat disebut juga Hukum Mendel, sesuai dengan nama penemunya, Gregor Johann Mendel, seorang pendeta dan juga ahli botani dari Austria.

Pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya ini disebut hereditas. Sedangkan cabang biologi yang khusus mempelajari tentang hereditas adalah genetika.

Mendel mulai meneliti tentang pewarisan sifat pada tahun 1856. Hasil temuannya bertajuk Percobaan Mengenai Persilangan Tanaman tersebut dituliskan pada Natural Science Society of Brunn, Austria, pada tahun 1866.

Sampai saat ini, Mendel dianggap sebagai peletak dasar ilmu genetika, sehingga dijuluki sebagai Bapak Genetika.

Bunyi Hukum Pewarisan Sifat (Hukum Mendel)

Hukum Pewarisan Sifat yang dicetuskan oleh Mendel terdiri dari dua bagian, sebagai berikut.

1. Hukum Pemisahan (Segregation) atau Hukum I Mendel

2. Hukum Pemasangan Secara Bebas (independent assortment) atau Hukum II Mendel

Semasa hidup, Mendel sering melakukan percobaan di kebun miliknya untuk menyelidiki bagaimana sifat-sifat tanaman induk diturunkan kepada keturunannya

Di dalam percobaannya, Mendel menggunakan tanaman kacang ercis atau kacang kapri (Pisum sativum). Alasan Mendel menggunakan tanaman kacang ercis dalam percobaannya adalah sebagai berikut.

1. Kacangan ercis memiliki pasangan yang sifatnya berlawanan.

2. Dapat melakukan penyerbukan sendiri

3. Mudah melakukan penyerbukan silang

4. Memiliki daur hidup yang relatif pendek

5. Menghasilkan keturunan dalam jumlah banyak

Langkah awal yang dilakukan Mendel dalam melakukan eksperimennya adalah menentukan galur murni, yaitu tanaman yang apabila melakukan penyerbukan sendiri senantiasa menghasilkan keturunan yang sama persis dengan induknya. Meskipun penyerbukan tersebut dilakukan secara berulang, akan tetap menunjukkan hasil yang sama.

Beberapa kesimpulan penting tentang hasil percobaan Mendel yang selanjutnya disebut sebagai Hukum Pewarisan Sifat adalah sebagai berikut.

1. Hibrid (hasil persilangan antara dua individu dengan tanda beda) memiliki sifat yang mirip dengan induknya dan setiap hibrid mempunyai sifat yang sama dengan hibrid yang lain dari spesies yang sama.

2. Karakter atau sifat dari keturunan suatu hibrid selalu timbul kembali secara teratur dan inilah yang memberi petunjuk kepada Mendel bahwa tentu ada faktor-faktor tertentu yang mengambil peranan dalam pemindahan sifat dari satu generasi ke generasi berikutnya.

3. Mendel merasa bahwa faktor-faktor keturunan tersebut mengikuti distribusi yang logis, maka suatu hukum atau pola akan dapat diketahui dengan cara mengadakan banyak persilangan dan menghitung bentuk-bentuk yang berbeda, seperti yang tampak dalam keturunan.

Soal UH IPA Online Hukum Pewarisan Sifat SMP MTs

Silakan kerjakan soal UH IPA online Hukum Pewarisan Sifat jenjang SMP MTs berikut ini.

 

Demikian soal UH IPA online Hukum Pewarisan Sifat jenjang SMP MTs. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan