Soal UH IPA Online Sistem Reproduksi Mamalia SMP MTs

Soal UH IPA Online Sistem Reproduksi Mamalia SMP MTs 

Dvcodesc.com. Berikut dibagikan soal Ulangan Harian UH IPA Online Sistem Reproduksi Mamalia jenjang SMP MTs.

Soal UH IPA online Sistem Reproduksi Mamalia SMP MTs ini untuk membantu belajar peserta didik SMP MTs dalam memahami materi IPA tentang sistem perkembangbiakan mamalia.

Soal UH IPA online ini berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban berisi soal-soal materi Sistem Reproduksi Mamalia.

Peserta didik dapat langsung mengerjakan soal online sistem perkembangbiakan mamalia tersebut dan mengetahui perolehan nilainya.

Ringkasan Materi Sistem Reproduksi Mamalia

Mamalia adalah hewan vertebrata yang memiliki kelenjar susu (glandula mamae). Dengan dimilikinya kelenjar susu ini, maka mamalia betina akan dapat menyusui anaknya. Mamalia berkembang biak dengan cara vivipar (melahirkan).

Tubuh mamalia pada umumnya tertutup oleh rambut. Mamalia termasuk dalam hewan berdarah panas, sehingga suhu tubuhnya lebih stabil. Terdapat lebih dari 5.000 spesies mamalia yang tersebar di seluruh belahan dunia dengan bentuk yang beragam.

Ciri-ciri Mamalia

Berikut ini adalah ciri-ciri umum dari mamalia.

1. Mempunyai anggota gerak yang lengkap untuk beraktivitas.

2. Memiliki blandula mamae (kelenjar susu).

3. Memiliki tulang belakang (vertebrata).

4. Memiliki rambut yang menutupi sebagian besar tubuhnya.

5. Memiliki kuku dan cakar untuk menangkap makanan atau memanjat.

6. Mempunyai alat pernapasan berupa paru-paru.

7. Jantung terbagi dalam dua serambi dan dua bilik.

8. Memiliki pengaturan suhu tubuh yang stabil (homoiterm)

9. Berkembang biak secara vivipar (melahirkan).

10. Pembuahan terjadi di dalam tubuh induk betina (fertilisasi internal)

Organ Reproduksi Mamalia

Mamalia jantan memiliki sepasang testis yang berfungsi untuk menghasilkan sperma. Testis mamalia jantan berbentuk bulat telur dan terletak dalam skrotum (kantong zakar).

Letak skrotum mamalia berada di luar tubuh agar suhunya sesuai untuk pembentukan sperma. Di dalam testis terdapat saluran halus yang merupakan tempat pembentukan sperma yang disebut tubulus seminiferus.

Mamalia betina mempunyai sepasang ovarium yang berfungsi untuk menghasilkan sel telur (ovum). Ovarium pada mamalia terletak di rongga perut bagian kanan dan kiri. Ovarium diselubungi oleh kapsul pelindung dan mengandung beberapa folikel.

Pada tiap folikel mengandung satu sel telur yang diselubungi oleh satu atau lebih lapisan sel-sel folikel. Folikel mengelilingi oosit dan berfungsi menyediakan makanan dan melindungi perkembangan sel telur.

Oviduk pada mamalia betina merupakan saluran yang menghubungkan ovarium dengan uterus. Sedangkan pertumbuhan embiro mamalia terjadi pada rahim (uterus).

Sistem Reproduksi Mamalia

Mamalia pada umumnya berkembangbiak dengan cara melahirkan (vivipar), kecuali platipus yang berkembangbiak secara bertelur (vivipar).

Proses peleburan sel sperma dan ovum terjadi di dalam tubuh induk betinanya (fertilisasi internal). Hasil pembuahan sel telur oleh sperma tersebut kemudian membentuk zigot. Zigot selanjutnya bergerak menuju uterus (rahim). Zigot akan berkembang pada dinding rahim menjadi embrio.

Embrio hewan mamalia dilapisi oleh selaput embrio, yang terdiri atas amnion, korion, dan alantois. Selaput embrio ini berfungsi untuk melindungi embrio dari guncangan dan kekeringan.

Selama di dalam rahim, embrio akan mendapatkan sari-sari makanan dan oksigen dari induk betinanya melalui tali plasenta.

Embrio yang tumbuh dan berkembang sempurna selanjutnya akan menjadi janin yang siap dilahirkan. Setelah dilahirkan, anak hewan mamalia akan menyusui pada induk betinanya. Tingkah laku pada masa kawin mamalia juga berbeda-beda.

Ada mamalia yang mengeluarkan suara khas ketika masa kawin, misalnya kucing, serta ada juga hewan yang bertindak sangat agresif pada saat kawin.

Soal UH IPA Online Sistem Reproduksi Mamalia SMP MTs

Silakan kerjakan soal UH IPA online Sistem Reproduksi Mamalia SMP MTs berikut ini (token: uhmamalia).

 

Demikian yang dapat dibagikan mengenai soal UH IPA online Sistem Reproduksi Mamalia SMP MTs. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan