Susunan Upacara Bendera Peringatan HUT RI Ke 74 Tahun 2019

Susunan upacara bendera peringatan HUT RI ke 74 tahun 2019 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan susunan upacara pada tahun-tahun sebelumnya.

Susunan upacara bendera HUT RI ke 74 tahun 2019  secara umum hampir sama dengan upacara bendera rutin. Panitia upacara selanjutnya dapat mengembangkan sendiri susunan upacara bendera tersebut sesuai dengan kondisi yang diinginkan.

Upacara bendera HUT RI selalu digelar sebagai rangkaian kegiatan memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus.

Tanggal 17 Agustus akan selalu menjadi tanggal penting bagi bangsa Indonesia, karena merupakan hari kemerdekaan Indonesia.

Tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia pertama kali memproklamirkan kemerdekaannya. Kemerdekaan yang dinikmati oleh bangsa Indonesia sampai dengan sekarang ini adalah atas pengorbanan jiwa dan raga para pejuang kemerdekaan.

Upacara bendera peringatan HUT RI ke 74 tahun 2019 nantinya tidak hanya digelar oleh instansi pemerintah maupun BUMN saja, akan tetapi seluruh elemen masyarakat juga akan ikut serta memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut.

Tujuan pelaksanaan upacara bendera HUT RI ini tidak lain agar masyarakat dapat merasakan makna kemerdekaan yang sesungguhnya.

Susunan upacara bendera HUT RI ke 74 tahun 2019 muaranya adalah pada terbentuknya semangat nasionalisme dan patriotisme bangsa Indonesia.

Tujuan Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke 74 Tahun 2019

Ada banyak tujuan yang dicapai dari pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT kemerdekaan RI.

Baca :

Tujuan upacara bendera peringatan HUT RI ke 74 tahun 2019 sama seperti upacara sebelumnya, antara lain sebagai berikut.

1. Untuk mengenang perjuangan pahlawan bangsa

Upacara bendera HUT RI ke 74 tahun 2019 adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan.

2. Untuk memperkuat persatuan dan kesatuan

Upacara bendera HUT RI ke 74 tahun 2019 dapat menjadi momentum yang tepat untuk semakin menguatkan persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa.

Upacara bendera ini juga sebagai cara untuk memaknai kemerdekaan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh semua warga negara.

3. Untuk meningkatkan cinta tanah air

Pelaksanaan upacara bendara HUT RI ke 74 tahun 2019 yang berlangsung secara khidmat akan dapat menjadikan peserta upacara lebih mencintai tanah air dan bangga sebagai bangsa Indonesia, sehingga jiwa nasionalisme dan patriotisme akan meningkat.

4. Sebagai upaya refleksi diri

Kekhidmatan dalam upacara bendera HUT RI ke 74 tahun 2019 nantinya dapat dijadikan untuk refleksi diri para peserta upacara agar mampu melakukan sesuatu yang lebih baik bagi Indonesia dan menghargai jasa-jasa para pahlawan bangsa.

Susunan Upacara Bendera Peringatan HUT RI Ke 74 Tahun 2019 Lengkap

Bangsa Indonesia akan memperingati hari ulang tahun RI yang ke 74 tahun 2019 ini. Untuk mengenang hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut, maka salah satu kegiatannya adalah diadakan upacara bendera.

Susunan upacara bendera perlu dipersiapkan dengan baik agar upacara dapat berjalan dengan lancar dan khitmat, mengingat tujuan dari upacara bendera HUT RI ini adalah untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa dan juga meningkatkan nasionalisme serta patriotisme peserta upacara.

Di dalam mempersiapkan pelaksanaan upacara bendera tersebut, berikut dibagikan contoh susunan upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019. 

Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, hari Sabtu, tanggal 17 Agustus tahun 2019 segera dimulai.

Acara Pendahuluan
  1. Masing-masing Komandan Pasukan menyiapkan pasukannya.
  2. Komandan Upacara memasuki lapangan upacara
Acara Pokok
  1. Inspektur Upacara memasuki lapangan upacara, pasukan disiapkan
  2. Penghormatan pasukan
  3. Laporan Komandan Upacara
  4. Pengibaran Bendera Kebangsaan Merah Putih, dipimpin Komandan Upacara
  5. Mengheningkan Cipta dipimpin Inspektur Upacara
  6. Detik-detik Proklamasi
  7. Pembacaan Teks Proklamasi oleh Inspektur Upacara
  8. Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  9. Amanat Inspektur Upacara
  10. Pembacaan Doa
  11. Laporan Komandan Upacara
  12. Penghormatan pasukan
Acara Penutup
  1. Inspektur Upacara meninggalkan lapangan upacara
  2. Upacara selesai, pasukan dibubarkan

Berikut juga dibagikan teks Proklamasi, Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Pancasila sebagai kelengkapan yang harus dibaca dalam pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT RI.

  • Teks Proklamasi 

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 45
Atas nama bangsa Indonesia,


Soekarno/Hatta

  • Teks Pancasila 

PANCASILA

1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3. Persatuan Indonsia.
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh khikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

  • Teks Pembukaan UUD 1945

UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945

P e m b u k a a n 

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya. 

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Unduh juga instrumen lagu Indonesia Raya dan instrumen lagu Mengheningkan Cipta pada link di bawah ini.

  • Instrumen Lagu Kebangsaan Indonesia Raya (Unduh)
  • Instrumen Lagu Mengheningkan Cipta (Unduh)

Leave a Reply