Syarat Pelanggan PLN Berhak Mendapatkan Keringanan Tarif Listrik 2020

Syarat Pelanggan PLN Berhak Mendapatkan Keringanan Tarif Listrik 2020

Dvcodes.com. Salah satu kabar cukup melegakan di tengah-tengah perjuangan menghadapi pandemi Covid-19 adalah kebijakan pemerintah untuk memberikan keringanan tarif listrik.

Pandemi Covid-19 telah membawa dampak luar biasa terhadap semua aspek kehidupan. Pembatasan melakukan interaksi sosial sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 tentu berdampak pada sendi-sendi perekonomian masyarakat.

Pemerintah berupaya mengeluarkan beberapa kebijakan untuk mengurangi beban kehidupan masyarakat selama diberlakukannya masa darurat Covid-19. Kebijakan tersebut diantaranya adalah pemberian keringanan tarif listrik.

Keringanan listrik ini diberikan kepada sekitar 31 juta pelanggan PT PLN dengan persyaratan tertentu. Pemberian keringanan tarif listrik akan diberlakukan selama kurun waktu tiga bulan, mulai dari bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Pemerintah sendiri telah menyiapkan dana kurang lebih 3,5 Triliun untuk merealisaskan program keringanan tarif listrik tersebut.

Bentuk Keringanan Tarif Listrik

Terdapat dua bentuk keringanan listrik yang akan diberikan oleh pemerintah, yaitu pemberian tarif listrik gratis dan pemberian diskon sebesar 50 persen.

1. Tarif Gratis

Tarif gratis listrik diberikan kepada golongan pelanggan PLN dengan daya listrik sebesar 450 VA, baik yang prabayar maupun pascabayar.

Data PLN mencatat bahwa ada sekitar 24 juta pelanggan listrik 450 VA yang merupakan masyarakat golongan menengah ke bawah.

2. Subsidi 50 persen

Diskon 50 persen pembayaran listrik diberikan kepada golongan pengguna listrik bersubsidi dengan daya 900 VA. PLN mencatat ada sekitar 7 juta pelanggan yang menggunakan listrik berdaya 900 VA subsidi.

Syarat Penerima Keringanan Tarif PLN

Sesuai bentuk keringanan tarif listrik yang diberikan, maka tidak semua pelanggan PLN akan mendapatkan keringanan tersebut. Syarat penerima keringanan tarif PLN adalah berdasarkan jenis daya listrik yang digunakan.

Penerima keringanan tarif PLN merupakan pelanggan 450 VA (Volt Ampere) dan pelanggan 900 VA subsidi. Dengan demikian, selain kedua golongan tersebut, tidak dapat keringanan pembayaran biaya listrik.

Fasilitas listrik gratis untuk pelanggan 450 VA dan subsidi 50% bagi pengguna daya 900 VA subsidi ini berlaku selama tiga bulan, mulai dari bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Mekanisme Pemberian Keringanan Listrik

Mekanisme pemberian keringanan listrik, baik yang berupa pemberian tarif listrik gratis maupun diskon pembayaran sebesar 50% diatur dengan cara berikut.

1. Pemberian tarif listrik gratis

Untuk pemberian tarif gratis bagi pelanggan 450 VA reguler dapat langsung mendapatkan keringanan biaya listrik gratis selama tiga bulan berturut-turut untuk bulan April, Mei. dan Juni 2020.

Baca : Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis 3 Bulan Selama Pandemi Covid-19

Pelanggan 450 VA Prabayar, mekanismenya adalah dengan diberikan token gratis selama tiga bulan tersebut. Token gratis ini diberikan sebesar pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

2. Pemberian diskon 50 persen

Pelanggan 900 VA reguler akan memperoleh diskon 50% dari biaya pemakaian dan juga biaya beban listrik.

Selanjutnya untuk pelanggan 900 VA Prabayar, pemerintah memberikan potongan biaya listrik 50% dari pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Tinggalkan Balasan