Syarat Penerimaan Beasiswa Kerajaan Arab Saudi Tahun 2021

Beasiswa Dari Arab Saudi Tahun 2021 dan Syarat Penerimaannya

Dvcodes.com. Kabar gembira untuk para mahasiswa dan pelajar di seluruh Indonesia, karena pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan memberikan beasiswa pendidikan tahun 2021 kepada mahasiswa/pelajar yang memenuhi ketentuan.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menginfomasikan tentang rencana beasiswa dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi dan syarat-syarat penerimaan dan sponsorship beasiswa.

Informasi ini tertuang dalam surat edaran nomor 02066/BK/01/2021/321 perihal Penyampaian Informasi Beasiswa dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dan Syarat-syarat Penerimaan dan Sponsorship Beasiswa.

Melalui surat edaran tersebut, Kementerian Luar Negeri menyampaikan telah menerima Nota Diplomatik dari Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi tentang beasiswa untuk berbagai jurusan dan strata, kecuali Jurusan Kesehatan.

Beasiswa dari Kerajaan Arah Saudi akan diberikan kepada para calon mahasiswa atau pelajar Indonesia yang telah memenuhi persyaratan.

Kedutaan besar Arab Saudi menyampaikan kepada Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia bahwa otoritas di Arab Saudi telah menerbitkan persetujuan terkait aturan-aturan penerimaan dan sponsorship bagi mahasiswa non-Saudi jalus beasiswa untuk melanjutnya studinya di sejumlah universitas di Arab Saudi.

Mahasiswa yang berminat dan memiliki legal capacity dapat mencalonkan diri untuk mendapatkan beasiswa tersebut dan melanjutkan studinya pada berbagai jurusan, kecuali jurusan kesehatan.

Inisiatif tersebut diluncurkan dalam kerangka hubungan baik yang terjain antara kedua negara, kerajaan Arab Saudi dan Indonesia.

Syarat Penerimaan Beasiswa

Semua persyaratan penerimaan beasiswa yang berlaku untuk warga Saudi di institusi pendidikan tinggi, berlaku untuk semua siswa jalur beasiswa dalam negeri dan luar negeri.

Selain persyaraan tersebut, untuk beasiswa luar negeri diberlakukan beberapa persyaratan sebagai berikut.

1. Usia

  • Usia siswa tidak boleh kurang dari 17 (tujuh belas) tahun dan tidak lebih dari 25 (dua puluh lima) tahun Jenjang sarjana, institusi pengajaran Bahasa Arab atau yang setara; usia 30 (tiga puluh) tahun untuk gelar master; dan usia 35 (tiga puluh lima) tahun untuk gelar doctor.
  • Dewan universitas terkait dapat memberikan pengecualian terkait hal usia tersebut.

2. Pemerintah negara asal mahasiswa harus memberikan persetujuannya untuk belajar di Arab Saudi.

3. Siswa tersebut tidak memperoleh beasiswa lain dari universitas di Arab Saudi.

4. Legalisir ijazah dan dokumen pengesahan lainnya dari otoritas yang berwenang yang ditentukan oleh pihak universitas.

5. SKCK yang masih berlaku dari pihak terkait di negaranya.

6. Belum pernah dikeluarkan dari salah satu universitas di Arab Saudi.

7. Untuk mahasiswi, disyaratkan adanya mahram (pendamping) sesuai dengan aturan yang berlaku.

8. Lulus pemeriksaan kesehatan yang telah ditetapkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

9. Pihak universitas dapat mensyaratkan surat rekomendasi dari salah satu lembaga, yayasan. atau tokoh yang ditentukan oleh lembaga tersebut.

Kelebihan Beasiswa Arab Saudi

Mahasiswa jalur beasiswa luar negeri dari pemerintah Keranaan Arab Saudi akan mendapatkan beberapa keuntungan, sebagai berikut.

1. Jaminan kesehatan baginya dan anggota keluarga (apabila mengajukan untuk membawa keluarganya tinggal bersama di Arab Saudi).

2. Uang saku dua bulan sebagai tunjangan proses persiapan kedatangannya.

3. Uang saku tiga bulan sebagai tunjangan kelulusan untuk proses pengiriman buku.

4. Mahasiswa diberikan makan oleh pihak universitas.

5. Pihak universitas menyediakan asrama, kebutuhan akademik, sosial, budaya, dan pelatihan yang sesuai.

6. Tiket perjalanan yang ditetapkan dalam peraturan keuangan di universitas.

Surat edaran perihal Penyampaian Informasi Beasiswa dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dan Syarat-syarat Penerimaan dan Sponsorship Beasiswa selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada link berikut ini.

Unduh

Demikian informasi tentang syarat penerimaan beasiswa dari Arab Saudi tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan