Tata Cara Pemuktahiran Data Mandiri dengan MySAPK Web

Tata Cara Pemuktahiran Data Mandiri dengan MySAPK Web 

Dvcodes,com. Tata Cara Pemuktahiran Data Mandiri dengan MySAPK Web perlu dipahami oleh ASN dan PPT Non ASN yang akan melakukan pemuktahiran data secara mandiri melalui aplikasi tersebut.

Cara Pemuktahiran Data Mandiri dengan MySAPK Web secara khusus dijelaskan dalam Buku User Pemutakhiran Data Mandiri PDM ASN dan PPT Non ASN yang diterbikan oleh BKN.

Buku Petunjuk Pemutakhiran Data Mandiri tersebut diterbitkan sebagai pedoman bagi ASN untuk memutakhirkan datanya menggunakan aplikasi MySAPK sehingga dapat mempermudah ASN dalam menambah maupun mengubah data riwayat pribadi secara mandiri.

Pemutakhiran Data Mandiri adalah proses peremajaan dan pembaharuan data secara mandiri yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik sehingga dapat menciptakan interoperabilitas Data.

Aplikasi pendukung Pemutakhiran Data Mandiri tersebut adalah MySAPK. MySAPK merupakan aplikasi berbasis teknologi seluler untuk Pegawai Negeri Sipil yang terintegrasi dan terhubung secara daring dengan database PNS Nasional untuk informasi Profil Pegawai Negeri Sipil.

Data yang Dimutakhirkan

Data yang dimutakhirkan adalah data personal dan data riwayat. Data personal adalah data yang berisi informasi mengenai data diri PNS. Sedangkan data riwayat merupakan data yang berisi informasi riwayat terakhir PNS disertai dengan data dukung.

Data yang dimutakhirkan PNS

1. Data Personal

2. Riwayat Jabatan

3. Riwayat Pendidikan dan diklat (Kursus)

4. Riwayat SKP (2 tahun terakhir)

5. Riwayat Penghargaan

6. Riwayat Pangkat dan Golongan Ruang

7. Riwayat Keluarga

8. Riwayat Peninjauan Masa Kerja

9. Riwayat Pindah Instansi

10. Riwayat CLTN

11. Riwayat CPNS/PNS

12. Riwayat Organisasi

Data yang dimutakhirkan PPPK dan PPT NonASN

1. Data Personal

2. Riwayat Diklat (Kursus)

3. Riwayat Penghargaan/tanda jasa

4. Riwayat Keluarga

5. Riwayat Organisasi

Tata Cara Pemutakhiran Dat Mandiri dengan MySAPK Web

1. Akses MySAPK

Anda dapat mengakses MySAPK Web di https://mysapk.bkn.go.id kemudian login akun menggunakan NIP dan Password Anda.

2. Dashboard

Halaman ini menampilkan informasi tentang Progress Pemutakhiran Data Mandiri Anda, Berita Terbaru, dan Data Penunjang Seperti BPJS dan Taspen.

3. Lihat Profil Anda

Anda dapat memeriksa data Profil Anda melalui menu . Pada menu ini terdapat submenu lain diantaranya; Data Utama, Golongan, Jabatan,  Posisi, Pendidikan, Pribadi dan Keluarga.

Cek kembali data Anda pada masing-masing menu. Jika terdapat ketidaksesuaian, Anda dapat melakukan perbaikan pada menu Pemutakhiran Data Mandiri.

4. Pemutakhiran Data Mandiri

Pada menu Pemutakhiran Data Mandiri Anda dapat memperbaiki data yang belum sesuai. Jika Anda telah selesai memutakhirkan data pada masing masing riwayat, maka tombol riwayat akan berubah menjadi hijau.

Pastikan data yang Anda mutakhirkan sesuai sebelum klik Kirim. Karena Anda hanya dapat memutakhirkan data satu kali, kecuali untuk riwayat SKP (dapat diisi dua tahun terakhir, atau hanya 1 riwayat bagi yang baru 1 kali mengisi SKP, atau kosong sama sekali khusus CPNS), riwayat keluarga (seluruh anggota keluarga, termasuk pasangan dengan status cerai atau meninggal) dan riwayat CLTN (khusus untuk yang sudah pernah melakukan CLTN tetapi belum mengisi riwayat CLTN nya, dan untuk yang sedang melakukan CLTN tapi belum unggah SK pengaktifan CLTN nya).

Tata cara pemutakhiran data mandiri selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada Buku User Pemutakhiran Data Mandiri PDM ASN dan PPT Non ASN yang dapat di unduh di sini

Demikian tata cara pemutakhiran Pemutakhiran Data Mandiri ASN dan PPT Non ASN. Semoga bermanfat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *