Tiga Prinsip dan Komponen Dalam Penyederhanaan RPP

Tiga Prinsip dan Komponen Dalam Penyederhanaan RPP

Dvcodes.com. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih.

Pengembangan RPP berpedoman pada silabus yang bertujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam mencapai Kompetensi Dasar (KD).

RPP wajib dibuat oleh guru sebagai salah satu bagian dari perangkat mengajar, karena menjadi pedoman dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan.

Berkaitan dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tersebut untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait pelaksanaan Kurikulum  2013.

Di dalam surat edaran tersebut, disampaikan tentang prinsip dan komponen dalam penyederhanaan RPP.

Dasar pertimbangan penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci.

Akibatnya, kegiatan menulis RPP dengan sangat rinci tersebut menghabiskan waktu, yang seharusnya bisa difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Prinsip Penyederhanaan RPP

Penyusunan RPP harus memperhatikan 3 (tiga) prinsip utama, yaitu efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

1. Efisien

Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak banyak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

2. Efektif

Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran

3. Beorientasi pada Peserta Didik

Berorientasi pada Peserta Didik berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik di kelas.

Komponen RPP yang Disederhanakan

Terdapat tiga komponen inti pada RPP yang mengalami penyederhanaan, yaitu :

1. tujuan pembelajaran;

2. langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran; dan

3. penilaian pembelajaran (assesment).

Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar peserta didik. Kegiatan belajar dan assesment dalam RPP ditulis secara efisien.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibuat hanya satu halaman, asalkan sesuai dengan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik. Penyederhanaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.

Tidak ada standar baku dalam penulisan RPP. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik.

Guru tetap dapat menggunakan format RPP yang sudah dibuat sebelumnya. Guru juga dapat memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik.

Tinggalkan Balasan